Wakili Bupati Tolitoli, Ir. H. Nur Munawar Serahkan Dokumen Remisi Narapidana Secara Simbolis

Kliknusantara.Com | Tolitoli_Sulteng – Sebanyak 163 narapidana yang menghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Tolitoli mendapatkan remisi pada Peringatan Hari Kemerdekaan ke -75 Republik Indonesia. Dari 163 narapidana tersebut, 1 di antaranya bisa langsung bebas. Pemberian remisi secara simbolis diberikan oleh Bupati Tolitoli yang diwakili Asisten II Sekretariat Daerah Kabupaten Tolitoli Ir.H.M. Nur Munawar kepada perwakilan narapidana yaitu Vina Timumun dan Zulkifli Madong di aula Kantor Lapas Kelas II B Tolitoli, Senin (17/8).

 ”Para napi ini mendapat remisi atau pengurangan masa hukuman dari pemerintah antara 1-6 bulan per orang. Hal ini disesuaikan dengan lamanya mereka menjalani hukuman dari Lapas. Remisi ini, terbagi remisi umum I dan II. Untuk yang mendapat remisi umum II, ini bisa langsung bebas,” ujar Kepala Lapas Kelas II B Tolitoli Gamal Bardi,Bc.Ip,SH.

 Selain itu, remisi ini juga diberikan berdasarkan kelakuan mereka selama menjalani masa hukuman di Lapas dan tidak melakukan tindakan jelek, seperti suka berkelahi dan mengedarkan narkoba.

“Sepanjang mereka berkelakuan baik di Lapas akan diberikan remisi setiap hari-hari besar, seperti Idul Fitri, Natal dan 17 Agustus. Jadi, pemberian remisi melalui pertimbangan selektif,” imbuhnya.

Remisi yang diberikan kepada narapidana tersebut tertuang dalam Surat Keputusan  (SK) Menteri Hukum dan HAM Nomor PAS-922.PK.01.01.02 Tahun 2020.”Dalam putusan itu, tidak memberikan remisi kepada napi yang terkait dengan pasal 34 A ayat 1 PP No 99 Tahun 2012 tentang Terorisme, Kejahatan HAM, Mengancam Keamanan Negara dan lainnya,” ungkapnya.

Sementara itu Bupati berpesan kepada para warga binaan khususnya yang akan bebas, agar jangan berkecil hati. Memulai hidup baru dengan niat yang baik dan lebih baik dari yang sebelumnya akan menjadi bekal untuk meneruskan kehidupan dengan harapan baru.

“Saudara-saudara jangan merasa sebagai warga buangan. Di mata Tuhan belum tentu demikian, yang terpenting memiliki niat untuk lebih baik dari sebelumnya,”tandasnya.

35b24349cfd79c2fca67650b87d971df

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

TNI Mengisi Hari Kemerdekaan Dengan Memerdekakan Tanah Dan Air Yang Kurang Subur Dan Tercemar

Mon Aug 17 , 2020
Kliknusantara.com|PURWAKARTA_JAWA BARAT – Memperingati Hari Ulang Tahun Ke-75 Republik Indonesia, pada 17 Agustus 2020, TNI melalui Koramil 1902/ Plered, Kodim 0619/Purwakarta menggelar Program Gerakan Siliwangi Cinta Dan Air. Pelda Ujang Sobandi Selaku Babinsa desa Cadasari, Koramil 1902/ Plered, Kodim 0619/Purwakarta sedang giat penyemprotan/ penaburan BIOS 44 DC di tanah tandus […]