Vaksin Sinovac Telah Tiba, Dinas Kesehatan Segera Laksanakan Vaksinasi Covid-19

Syafrudin A. Rahman. S.T., M.Eng, Sekertaris Dinas Kesehatan Kabupaten Tolitoli.

Kliknusantara.com | TOLITOLI – Sebanyak 3.960 dosis vaksin covid-19 sinovac telah tiba di Tolitoli, Jum’at (5/2/2021) malam. Setibanya vaksin impor asal China yang merupakan jatah Kabupaten Tolitoli diterima sekretaris dinas kesehatan di Kantor Dinas Kesehatan Tolitoli.

Sekertaris Dinas Kesehatan Kabupaten Tolitoli, Syafrudin A. Rahman. S.T., M.Eng menjelaskan, setelah vaksin tiba, Pemerintah Kabupaten Tolitoli akan melakukan vaksinasi covid-19 perdana pada Senin 8 Februari 2021.

Sementara ini katanya, sedang didistribusi ke Fasilitas Layanan Kesehatan (fasyankes) yang telah dipersiapkan untuk melakukan vaksinasi covid-19 ini akan dilakukan Minggu 7 Februari.

“Hari Minggu ( 7 Februari) kita akan lakukan persiapan distribusi, Senin (8 Februari) akan dilakukan vaksinasi perdana,” jelasnya kepada Kliknusantara.com, Sabtu, (6/2/2021).

Syafrudin memastikan, Kapolres Tolitoli akan menjadi orang pertama yang divaksinasi Senin nanti. Vaksinasi perdana ini kata dia untuk Forum Pimpinan Daerah (forkopimda) termasuk pimpinan OPD, Tokoh Agama, Kepala Dinas Kesehatan dan Kepala Rumah Sakit yang ada di Tolitoli.

“Setelah itu baru diikuti vaksinasi kepada tenaga kesehatan (nakes),” sambungnya.

Untuk jumlah nakes di Tolitoli yang akan divaksinasi kata Syafrudin, berjumlah 1.980 orang. Sementara fasyankes yang disiapkan melaksanakan vaksinasi sebanyak 20, terdiri dari 15 puskesmas dan 2 Rumah Sakit yaitu Rumah Sakit Pratama di Dondo dan RSUD Mokopido Tolitoli, dan Kantor Dinas Kesehatan Tolitoli.

Pihaknya menargetkan dalam kurun waktu 3 hari, vaksinasi tahap pertama untuk nakes di Tolitoli bisa selesai.

“Kami berusaha menyelesaikan secepat mungkin, yang beban berat di Rumah Sakit, kalau puskesmas tidak terlalu berat, satu sesi 15 orang, kita berusaha dalam 3 hari sudah selesai, karena 14 hari berselang sudah harus vaksinasi kedua.

Syafrudin menambahkan, untuk vaksinasi tahap pertama akan dilaksanakan di Taman Kota Gaukan Bantilan Tolitoli. Untuk itu dirinya mengajak masyarakat untuk bisa hadir menyaksikan pelaksanaan vaksinasi tahap pertama tersebut agar bisa mengetahui bahwa vaksin sinovac tidak berbahaya bagi masyarakat.

Kami mohon dukungan masyarakat mudah-mudahan semua berjalan lancar,” imbuhnya……. (AN34).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Kaltim Steril, Danrem ASN Tegaskan Penertiban Protokol Covid-19 Sampai Tingkat RT

Sat Feb 6 , 2021
Kliknusantara.com | SAMARINDA – Sejumlah personel tim Satgas Percepatan Penanganan Covid 19 dari TNI POLRI, BPD Kaltim, Satpol PP, Pemkot, Dinkes Kota Samarinda, Relawan melaksanakan apel gabungan upaya operasi Kaltim Steril sesuai instruksi dan imbauan Gubernur nomor 1 tahun 2021. Kaltim bersemedi atau Kaltim Steril, dengan inspektur upacara Danrem 091/ASN, […]