Untuk Ketahanan Pangan, Petani Sawah Desa Kongkomos Tetap Garap Sawah Meski Covid-19 Belum Usai

Kliknusantara.Com | KONGKOMOS_TOLITOLI – Meski masa Pandemi Covid-19 belum usai, petani Desa Kongkomos, Kecamatan Basidondo, Tolitoli, khususnya Dusun Alisan tetap menggarap sawah miliknya.

Sejak akhir bulan Juli lalu, petani sawah Dusun Alisan kembali turun ke sawah untuk musim tanam padi kali ini. Para petani terus berjibaku di sawah mereka untuk memastikan mereka memiliki stok pangan yang cukup.

Sejauh ini, amatan media ini saat betada di Dusun Alisan, Jum’at (14/8/2020), sebagian petani sudah ada yang selesai menanam. Sebagian lagi sementara pengolahan lahan tahap akhir untuk degera ditanami.

Perkiraan petani sawah setempat, prosed penanaman di Dusun Alisan akan rampung di pertengahan Bulan Agustus ini.

Eka salsh seorang petani sawah saat berbincang dengan awak media ini pada Jum’at (14/8) sore, mengungkapkan bahwa kegiatan pengolahan sawah yang dimulai akhir Juli itu ditargetkan sudah selesai pertengahan Agustus ini.

“Kami mulai turun tanam padi sejak akhir Bulan Juli 2020 dan penanaman Insya Allah rampung di pertengahan bulan ini,” ungkapnya penuh optimis.

Menyinggung bibit padi yang sedang dikembangkan para petani, masih dominan varietas Rental dan Mekongga.

“Adapun bibit yang ditanam berfariasi, ada yang tanam varietas Rental, sebagian juga tanam varietas Mekongga. Kami berharap penanaman kali ini mendapatkan produksi yang memuaskan serta jauh dari gangguan hama dan penyakit,” kata Eka penuh harap…..(Abi).

35b24349cfd79c2fca67650b87d971df

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Hadirkan Tim Kolat Koarmada II, Lanal Tolitoli Gelar Latihan Kesiapan Pasukan Penindakan Huru Hara

Sun Aug 16 , 2020
Kliknusantara.Com | TOLITOLI_SULTENG – Pangkalan TNI AL ( Lanal ) Tolitoli melaksanakan Latihan P1 dan P2. Kegiatan latihan ditangani oangsung oleh Tim Glagaspur Kolat Koarmada II tahun 2020, Minggu (16/8/20). Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Tolitoli, Letkol Laut (P) Bayu Dwi Wicaksono, ST. MM., saat dikonfirmasi terkait kegiatan tersebut mengatakan […]