Ulah Pelakor, Catatan Pilu Istri ASN Berbuah Keberhasilan

Gambar Ilustrasi

[Kliknusantara.com] Kisah perselingkuhan yang melibatkan Aparat Sipil Negara, bukanlah hal yang baru. Itu sudah menjadi rahasia yang umum. Perselingkuhan biasanya berlanjut pada pernikahan siri. Tentu saja tanpa persetujuan istri sah maupun atasan dari oknum ASN itu.

Umumnya menimpa pejabat kantor yang memiliki kedudukan dan tertarik dengan wanita lain baik dikantornya maupun di tempat lain.

Wanita yang melakukan hal itu terhadap seorang lelaki yang telah beristri disebut Pelakor (perampas laki orang). Para pelakor mengincar lelaki berkeluarga yang mapan secara ekonomi serta mempunyai kedudukan.

Perselingkuhan oknum ASN dapat terjadi antara atasan dan bawahan, rekan kerja di kantor atau bahkan lintas kantor instansi kerja. Modus kejadiannya pun beragam. Mulai dari intensnya pertemuan hingga terjalinnya hubungan mendalam dari interaksi yang berulang dalam berbagai kesempatan dan momentum. Ada yang dimulai dari perhatian khusus, saling berbagi kisah bahkan iming-iming posisi atau jabatan.

Penelusuran media ini, ada juga menggunakan modus lain. Bukan hanya untuk mengeruk keuntungan materi. Para pelakor melakukan pendekatan yang memungkinkannya diberi posisi dalam pemerintahan atau untuk menjadi ASN.

Banyak kejadian perselingkuhan itu didiamkan meski bisik-bisik di sekitarnya nampak seru dikalangan terbatas. Kejadian itu umumnya berlangsung lama baru ketahuan istri sah. Rssponnya beragam. Ada yang reaktif dan bertindak. Namun ada pula yang mendiamkan dan cenderung pasrah. Sebanya disamping pembuktian yang minim, juga karena ketidakberdayaan.

Secara Sosiologis, jatuh cinta dengan pria yang sudah menikah jelas bertentangan dengan hampir semua budaya, norma, dan ekspektasi sosial. Sudah menjadi pendapat umum bahwa situasi seperti ini tidak etis, tidak bermoral, dan membawa rasa sakit bagi semua orang yang terlibat, terutama istri pelaku.

Para pakar menemukan fakta, tak sedikit wanita lajang yang atraktif dan cerdas terjebak dalam situasi di mana mereka jatuh cinta kepada pria yang sudah beristri. Wanita-wanita cerdas ini ingin percaya bahwa hubungan mereka lebih dari sekadar nafsu atau kekhilafan semata. Namun sebagian besar pemikiran ini adalah fantasi belaka.

Satu-satunya cara untuk memandang affair dengan pria beristri adalah dengan memandang hubungan itu sendiri dengan kerangka yang berbeda. Menurut pakar hubungan bersertifikat Robyn Wahlgast melalui sebuah artikel di YourTango, mengatakan bahwa setidaknya satu dari lima kebenaran pahit di bawah ini berlaku untuk situasi yang dihadapi wanita-wanita berlabel pelakor (perebut laki orang).

Pemikiran pelakor yang yakin bahwa dirinya ‘lebih’ daripada istri sah mungkin terasa melegakan sesaat. Misalnya lebih cantik, lebih mengerti, atau lebih menggairahkan seperti yang dia katakan. Tetapi dalam banyak kasus, pria yang berselingkuh biasanya sudah seperti menjejakkan sebelah kaki di luar pintu rumah. Dalam kasus seperti ini biasanya wanita yang menjadi selingkuhan hanyalah sekadar ‘jalan keluar’ terdekat yang dimilikinya saat itu.

Dari banyak kejadian, terungkap tindakan yang dinilai amoral itu, meski banyak yang memilih diam, namun bagi istri yang memiliki kemampuan dan pengetahuan yang baik akan melakukan perlawanan. Mereka menghadapi tantangan itu dengan kadar kemampuan yang dimilikinya untuk melawan secara prontal dan membawanya ke ranah hukum.

Ada pula istri sah yang berusaha untuk bersikap keras dengan Pelakor langsung. Menyerang dengan ungkapan yang nista dengan ungkapan ‘pelacur’ dan lain sebagainya.

Langkah itu ada yang berhasil seketika, namun ada juga yang membutuhkan waktu yang lama. Untuk kasus yang lama, perlu kesabaran dan kekuatan mental. Beberapa kesaksian menyebutkan proses lama itu membutuhkan sikap yang tenang dan berpikiran panjang. Harapannya adalah menyelamatkan bahtera rumah tangga dengan berusaha menyadarkan suaminya dari jebakan pelakor.

“Alhamdulillah, akhirnya bapak menyadari apa yang dilakukannya itu salah. Sekian lama apa yang saya katakan kepadamya bahwa ‘lonte’ itu memang hanya untuk memanfaatkan dan mengurasnya. Saya sangat senang ia menyadarinya dan memilih mengakhiri segalanya dengan wanita jalang itu,” kata seorang ibu pensiunan ASN yang suaminya terlibat affair sekian lama dengan seorang wanita yang terangat jadi ASN oleh suaminya sendiri.

Kelegaan itu disampaikannya kepada awak media ini dengan penuh kegembiraan. Ia sangat bersyukur dapat menyelamatkan bahtera rumah tangganya saat ini. Sang suami menurutnya sudah menyadari dan mengambil sikap terbuka dan jujur kepadanya mengakui kesalahan.

Meski semuanya telah selesai, sang suami telah mengakhiri hubungan dengan sang pelakor, namun sang istri sah ini mengaku belum ikhlas dan puas sepenuhnya. Ia berharap jika memungkinkan pelakor itu mendapat musibah ganjaran atas perbuatannya…… []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Dandim 0908/Bontang Hadiri Peresmian Posko Covid-19 Tingkat Kelurahan dan Pengukuhan Garda Isoman Se - Kecamatan Bontang Utara

Thu Mar 25 , 2021
BONTANG – Komandan Kodim 0908/Bontang Letkol Arh Choirul Huda M.Tr, Han., M.I. Pol Hadiri Acara Peresmian Posko Covid-19 Tingkat Kelurahan dan Pengkukuhan Garda Isoman Se – Kecamatan Bontang Utara,yang dipimpin oleh Bpk. Basri Rase (Wakil Walikota Bontang), bertempat di Kantor Auditorium 3 Dimensi Jl. Awang long Kel. Bontang Baru Kec. […]