Tutup Pelatihan Koperasi, Srie Lesminingsih: Peran Pengawas Koperasi Sangat Penting

Srie Lesminingsih, Sekretaris Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Tolitoli Saat Penutupan Pelatihan Koperasi

Kliknusantara.com |TOLITOLI – Untuk mewujudkan Koperasi yang kuat, sehat, mandiri, tangguh dan berdaya saing sesuai jatidiri Koperasi perlu meningkatkan akuntabilitas, kepercayaan, kepatuhan, kesinambungan, dan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada anggota dan masyarakat.

Sekertaris Dinas Koperasi UMKM Kabupaten Tolitoli Srie Lesminingsing, SE, M.Si., pada saat menutup Pelatihan Pengawasan Koperasi di Aula Hotel Suryadi Tolitoli mengungkapkan, peran Pengawas Koperasi menjadi penting untuk dapat mewujudkan hal tersebut sesuai tugas, fungsi dan kewenangannya.

“Dalam sebuah organisasi peran pengurus sangatlah penting, begitu juga dengan kepengurusan dalam sebuah koperasi yaitu Pengawas,” ungkapnya pada Selasa (29/9/2020).

Ditambahkan, koperasi yang merupakan soko guru perekonomian di Indonesia haruslah kuat sehingga mampu mensejahterakan anggotanya. Untuk itu pengawasnya haruslah juga mampu berperan maksimal.

“Jangan sampai sebagai pengawas sebagai pelengkap saja. Sebagai pengawas dapat melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan baik kebijakan maupun pengeloaan koperasi yang dijalankan pengurus secara optimal,” katanya.

“Sebagai bagian penting dari koperasi yang bertugas mengevaluasi pertanggung jawaban pengurus haruslah jeli, teliti dan berani mengambil langkah-langkah kebijakan yang perlu bila ditengarai ada penyelewengan di lembaga dan usahanya. Ini semua untuk kebaikan, kelestarian dan kemajuan bersama,” tambah Srie.

Di tempat yang sama Kepala Bidang Pengawasan Drs. Ali Syadik mengatakan, yang dilatih adalah para pengawas terutama yang kategori baru sehingga diharapkan menjadi pengawas yang handal dan kompeten.

Menurur Ali Syadik, memang kemungkinan masih cukup banyak yang belum mengetahui secara pasti tentang tugas dan kewajibannya sebagai seorang pengawas.

“Dari itu kami bekerja sama dengan Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kabupaten Tolitoli menyelenggarakan acara ini. Yang pasti juga memantapkan dan mensosialisasikan Undang-undang perkoperasian Nomor  25 tahun 1992 pasal 39,” terangnya.

Sementara itu, salah satu peserta mengatakan, sangat berterima kasih atas penyelenggaraan kegiatan ini, sehingga bisa mendapatkan pengetahuan yang jelas tentang tugas dan fungsi pengawas.

“Selama ini kami sebagai praktisi pengawas di koperasi memang seakan hanya melihat dan membaca misalnya tentang pertanggung jawaban pengurus, tetapi langkah selanjutnya terkadang belum mengetahui secara pasti. Kini sudah menjadi gamblang,” katanya.

Kegiatan yang berlangsung dua hari mulai tanggal 28-29 September 2020 itu bertempat di Suryadi Hotel Tolitoli, diikuti oleh 30 orang peserta….. (Ans).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Tinjau TPA Terjun Medan, Kabaharkam Polri Apresiasi Pemanfaatan Lahan Untuk Ketahanan Pangan

Tue Sep 29 , 2020
Kliknusantara.com | MEDAN – Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Agus Andrianto, selaku Kaopspus Aman Nusa II-Penanganan COVID-19, kunjungi TPA Kelurahan Terjun, Kecamatan Medan Marelan, Kota Medan, Sumatera Utara, Selasa, 29 September 2020. Di sini, program dari Komunitas Pegiat Tani dan Lingkungan Kamtibmas (KOPETIK) mendapat apresiasi dari Kabaharkam […]