Pimpinan Umum

Tuntas Dengan Dana Desa, Pemdes Ogolali Banguan Irigasi Untuk 115 Ha Sawah Masyarakat

$rows[judul] Keterangan Gambar : Saluran irigasi untuk mengairi 115 Ha Sawah Desa Ogolali rampung dibangun menggunakan Dana Desa

TOLITOLI _ DAMPAL UTARA, Klik Nusantara - Terjawab sudah kegelisahan masyarakat petani yang selama ini membiarkan sawahnya jadi lahan tidur karena tak memiliki akses pengairan. Sejak 2019 lalu, seluas 115 Ha. sawah tak berproduksi. Padahal di sawah itu petani menggantungkan penghidupannya.

Kepekaan Kepala Desa Ogolali beserta perangkatnya dan BPD serta pihak lainnya melakukan terobosan penganggaran untuk membangun irigasi.

Melalui Dana Desa tahun ini, Pemerintah Desa Ogolali Kecamatan Dampal Utara, Kabupaten Tolitoli, Provinsi Sulawesi Tengah, dialokasikan anggaran pembangunan saluran irigasi.

Saluran Irigasi sederhana dengan volume 315 meter itu, kini telah rampung dibangun. Bangunan yang terletak di Dusun 2 itu kini dapat difungsikan mensuplai air persawahan masyarakat.

"Pembangunan tersebut menyita anggaran sebanyak Rp 242.634.000, dari Dana Desa (DD) tahun 2021," ungkap Sekdes Ogolali, Burhanuddin Masse.

Burhanuddin yang mewakili Kepala Desanya, Rizkin menjelaskan kepada Awak Liputan Desa Membangun, bahwa pembangunan irigasi itu menjadi program prioritas dalam musyawarah desa tahun 2020 lalu.

Selain kebutuhan air persawahan kata dia, program itu juga sekalian jadi kegiatan Padat Karya Tunai (PKT) yang nilainya mencapai 67 persen. 

Di tengah terbatasnya Dana Desa yang di miliki Ogolali yang masih kategori Desa Baru itu, mereka memacu inprastruktur mendasar penopang ekonomi masyarakatnya.

Meski sesungguhnya hal tersebut tak semestinya membebani Dana Desa yang masih sangat minim. Penyediaan fasilitas saluran irigasi semacam ini sejatinya merupakan tanggungjawab instansi teknis kabupaten yang membidangi pertanian.

Pantauan di lokasi persawahan masyarakat itu, kini sawah sudah dapat diairi serta masyarakat memulai penggarapan lahan yang lama tertidur akibat pengairan yang tidak tersedia..... (Aby).

Tulis Komentar

(Tidak ditampilkan dikomentar)