Tanaman Nilam, Solusi Ekonomi Warga Desa Ogowele Buga Saat Pandemi

Mohammad Sappe Borahima, Petani Nilam Desa Tolotoli, Sulawesi Tengah saat menjemur hasil panen Nilamnya, Rabu 27 Januari 2021

Kliknusantara.com | DONDO – Tanaman nilam jadi komoditi andalan bagi warga Desa Ogowele Buga Kecamatan Dondo, Tolitoli. Harganya yang yang relatif tinggi dan tidak rumit dalam proses budidayanya menarik banyak peminat.

Petani Nilam di Desa Ogowele Buga saat ini mulai menikmati hasilnya. Sebagian sebagian sedang memanen. Sebagian besarnya lagi sedang memulai penanaman.

Harga minyak nilam yang kisaran Rp. 600.000 pembelian lokal, cukup menggiurkan para petani. Minyak nilam dihasilkan dari tanaman nilam setelah melalui beberapa proses hingga penyulingan.

Salah seorang petani Nilam Desa Ogowele Buga yang kini mulai memanen nilam adalah Moh Sappe Borahima. Saat ditemui awak Liputan Desa Membangun, ia sedang menjemur hasil panen Nilam miliknya.

Sappe menuturkan dirinya beralih menanam komoditi Nilam setelah selama ini ia fokus dengan tanaman Kakao dan cabe. Awalnya ia tertarik dengan kisah sukses petani Nilam di desa lain.

“Cerita sukses petani Nilam memotivasi saya untuk ikut menanam,” tutur Sappe, saat berbincang dengan awak media ini, Rabu (28/01/2021).

Dituturkannya bahwa cerita sukses petani Nilam dari desa lain ramai diperbincangkan di desanya. Namun kini sudah kisah itu jadi kenyataan bagi dirinya. Sehingga menurutnya itu bukan lagi bahan cerita yang sekedar enak didengar.

Petani yang mengaku menanam 3.000 Nilam ini baru memanen 1.000 pohon. Proses panen bertahap sesuai masa tanamnya.

Menurut hitungannya, merujuk pada harga saat ini, hasil panen itu bisa menutupi kebutuhan sehari-hari untuk beberapa bulan ke depan. Ia meras lega karena bisa terbantu ekonominya dimasa pandemi Covid-19 saat ini.

Baginya itu patut di syukuri disaat kesulitan ekonomi, ada komoditi yang bisa menghasilkan.

“Saya sangat bersyukur kepada Allah, SWT atas rezki yang di berikan melalui tanaman nilam, walaupun yang di panen ini jumlahnya tidak terlalu banyak namun patut disyukuri,” ujarnya di akhir perbincangan…….. (Aby).

35b24349cfd79c2fca67650b87d971df

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Partai BERKARYA: Biarkan UU Pemilu Berjalan Lima Kali Pemilu Baru Diubah

Thu Jan 28 , 2021
Kliknusantara.com | JAKARTA – Menyikapi pro kontra usulan perubahan UU No. 7 tahun 2017 tentang PEMILU untuk pelaksanaan PEMILU 2024 maka PARTAI BERKARYA (BERINGIN KARYA) bersikap: Menolak rumusan perubahan UU tersebut utamanya pasal yang mengatur tentang Parlemen Treshold (PT) berjenjang 5% (pusat) 4 % ( provinsi ) 3 %(kabupaten/kota) suara […]