Tanaman Nilam Akan Jadi Komoditi Unggulan Di Desa Sibaluton

Tanaman Nilam yang dikembangkan dan akan jadi komoditi unggulan Desa Sibaluton

Kliknusantara.com | SIBALUTON – Tanaman nilam kembali menjadi komoditi unggulan yang dikembangkan warga di Kabupaten Tolitoli, termasuk warga Desa Sibaluton Kecamatan Basidondo.

Di Desa Sibaluton, Kepala Desanya, Sudirman PS, mendorong warga untuk menanam Nilam sebagai komoditi unggulan.

Komoditi ini termasuk mudah proses penanaman dan panennya serta harganya bernilai tinggi.

Menurut Sudirman, hal itu akan membantu peningkatan perekonomian warganya sehingga bisa bertahan di masa Pandemi Covid-19.

“Kini warga sibaluton sudah capai 95 persen yang menanam Nilam,” ungkap Sudirman kepada awak Liputan Desa Membangun kliknusantara.com.

Dari penelusuran media ini, harga minyak Nilam saat ini cukup menggiurkan. Nilai per liter atau per Kg mulai dari Rp. 500 ribu hingga Rp. 600 ribu, bahkan lebih. Harga itu untuk pasaran di level pedagang pengumpul di Tolitoli.

Minyak Nilam sempat populer di Tolitoli dari 2005 hingga tahun 2010 lalu. Namun karena pasaran yang masih terbatas serta mahalnya biaya penyulingan, menyebabkan komoditi tersebut sempat redup dan menghilang.

Setahun belakangan ini Nilam mulai dikembangkan kembali. Sejumlah desa di Kecamatan Dondo dan Basidondo kembali menekuninya.

Fasilitas pendukung seperti tempat proses penyulingan minyak pun kembali beroperasi……(Abi).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Bernilai Ekonomis, Kades Sibaluton Motori Warganya Tanam Nilam

Fri Oct 16 , 2020
Kliknusantara.com | SIBALUTON – Tanaman Nilam jadi komoditi yang di gemari petani yang ada di beberapa kecamatan di Kabupaten Tolitoli saat ini. Tingginya nilai ekonomis minyak hasil proses penyulingan tanaman rimbun dengan aroma khas itu menggiurkan banyak pihak dan menarik minat untuk menanamnya. Salah satu desa yang sedang bersemangat menanam […]