Tak Kunjung Dikeruk, Luapan Air Sungai Di Lais Kembali Rendam Rumah Warga

Kliknusantara.Com [Lais-Tolitoli] – Kekhawatiran warga akan dampak pendangkalan (sedimentasi) Sungai Lais menjadi kenyataan. Saat hujan deras mengguyur, luapan merendam rumah warga belum lama ini.

Sebelumnya indikasi banjir telah nampak, namun belum juga ada upaya mengatasi penumpukan material pasir di muara Sungai Desa Lais yang sejak lama disoal warga.

Menurut salah satu warga dusun Olongian yang tidak ingin di sebut namanya saat berbincang dengan awak media ini pada kamis (23/7/2020), menyoal tak adanya upaya mengatasi pendangkalan sungai yang menyebabkan luapan air kiriman dari hulu merendam Desa Lais dan Desa tetangganya, Bambapun.

“Sekarang yang kami butuhkan bukan bantuan makanan kalau bicara soal makanan Alhamdulillah, warga Lais masih berkecukupan. Terpenting sekarang pengerukan sungai supaya kalau banjir datang tidak ada lagi namanya luapan sungai,” ujarnya.

Sementara itu, Sekdes Desa Lais, Junar kepada media ini saat dikonfirmasi saat banjir melanda desanya membenarkan jika pendangkalan sungai adalah faktor utamanya.

“Rumah warga terendam banjir akibat pendangkalan sungai dengan begitu banjir sedikit saja sudah pasti meluap. Kalau sungai meluap rumah warga sasaranya ini yang membuat warga sangat khawatir,” ungkap Junar.

Menurut junar, setiap hujan deras dipastikan air dari sungai akan meluap dan menggenangi pemukiman warga Dusun Olongian. Tak heran kata Junar jika warga seperti orang yang trauma dengan banjir.

“Apalagibkalau hujan deras, dipikiranya mereka (warga) banjir merendam rumahnya lagi,” ujar Sekdes Lais itu.

Dengan adanya bencana banjir menimpa Desa Lais yang ke sekian kalinya itu, dikatakan Junar, langkah yang diambil Pemdes Lais dengan menyurati BPBD, Bupati, Dinas PU, supaya dilakukan pengerukan sungai secepatnya,

“Kami sudah menyurati dinas terkait pada Senin (21/7) supaya dilakukan pengerukan sungai secepatnya,” tandas Junar Sekdes Lais…… (Abi).

35b24349cfd79c2fca67650b87d971df

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Pererat Silahturahmi, Babinsa Tanjung Tengah Dan Warga Bergotongroyong Perbaiki Jembatan

Sat Jul 25 , 2020
KLIKNUSANTARA.COM [PENAJAM] – Babinsa sebagai ujung tombak TNI-AD terutama satuan kewilayahan harus mampu secara optimal bekerja di lapangan dalam melaksanakan pembinaan teritorial untuk mempertahankan keutuhan NKRI. Sebagai contoh apa yang di lakukan oleh anggota Koramil Penajam Serda Heri yang kesehariannya menjabat sebagai Babinsa di Kelurahan Tanjung Tengah Kecamatan Penajam Kabupaten […]