Sudah 3 Tahun Jembatan Tinigi Dibiarkan Ambruk, Begini Kata Kepala BPBD Tolitoli

Kliknusantara.Com [Tolitoli-Sulteng] – Nasib jembata Tinigi yang ambruk diterjang arus banjir Sungai Tinigi Tiga tahun lalu, hingga kini belum ada penanganan. Jembatan dibiarkan terbengkalai tanpa alternatif penanganan dari otoritas terkait.

Untuk akses penyeberangan berangkat dan kembali dari aktifitas sehari-hari, masyarakat menyeberang menggunakan rakit. Mereka harus merogoh kantong dengan pembayaran upah rakit Rp. 5.000 sekali jalan.

Situasi itu juga sudah berjalan sejak jembatan mengalami kerusakan. Masyarakat terpaksa menggunakan jasa rakit ketimbang harus melewati jalur jalan alternatif yang cukup jauh dan berliku.

Redaksi mengkonfirmasi kepada pihak Badan penanggulangan Bencana Daera (BPBD) Tolitoli terkait hal itu. Sebab konon ceritanya, jembatan itu masuk ranah kebencanaan.

Dari informasi yang berhasil dihimpun dari berbagai pihak di Desa Tinigi, warga selalu menantikan pembenahan jembatan yang sudah beberapa kali dikabarkan segera turun anggarannya.

Kepala BPBD Tolitoli, Nur Alam, ST., MSi., saat dihubungi mengaku pihaknya terus berupaya pembangunan jembatan itu.

“BPBD tiap tahun usulkan ke BNPB Jakarta, untuk tahun ini di janjikan lagi,” ujar Nur Alam melalui pesan Whatsappnya, Selasa Malam (9/6/2020).

“Perlu diketahui bersama, apabila terjadi bencana nasional di salah satu wilayah indonesia, itu akan mepersulit turunnya dana bencana kepada daerah yang mengusulkan anggaran DSP / rehab & rekon, Lanjut Kepala BPBD Tolitoli.

Meski demikian, Nur Alam tak menjelaskan upaya lain atau kemungkinan penggunaan anggaran lainnya untuk mengatasi jembatan yang ambruk itu.

Warga pun berharap agar jembatan tersebut mendapat penanganan mengingat vitalnya jembatan itu untuk akses warga memenuhi perekonomian mereka.

“Kita berdo’a saja tahun ini Tolitoli mendapatkan dana tersebut,” imbuh Nur Alam, Kepala BPBD Tolitoli…… (HM. Asli).

35b24349cfd79c2fca67650b87d971df

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Silaturahmi Dengan Kapolres, KPU Tolitoli Bahas Persiapan Pilkada 2020

Thu Jun 11 , 2020
Kliknusantara.com [Tolitoli-Sulteng] – Rombongan Ketua KPU Tolitoli bertandang ke Mapolres Tolitoli. Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang dipimpin langsung Suleman, SH., itu melakukan silaturahmi dan koordinasi dengan pejabat baru Kapolres Tolitoli, AKBP. Budhi Batara Pratidina, SH., SIK , MH., Selasa (9/6/2020). Dalam kunjungan itu, Ketua KPU Suleman Pajalani SH, didampingi Komisioner […]