SARHid Tolitoli dan SARHid Mamuju Sasar Pulau Karampuag

Kliknusantara.com| Mamuju – Tim Search And Rescue (SAR) Hidayatullah Tolitoli bersama SAR Hidayatullah Mamuju bergabung dan bekerja sama menyasar korban bencana di Pulau Karampuag.

Lembaga pertolongan itu saling menyaty untuk melakukan upaya pencarian dan penyelamatan korban gempa bumi yang mengguncang Sulawesi Barat sepekan lalu Kegiatan diawali dengannya asesmen atas dampak bencana yang terjadi di Pulau Karampuag Pada Rabu (20/1/21).

Juru bicara Tim Sarhid Tolitoli, Dwi Handoyo Haryadi, kepada media ini pada Kamis (21/1) kemarin mengungkapkan beberapa hasil pendataan mereka dalam proses asesmen itu.

“Tim kami bersama Tim SAR Tuan Rumah baru saja melakukan asesmen di salah satu pulau yang juga terdampak gempa kemarin,” kata Dwi Handoyo Kamis subuh.

Pulau Karampuag yang berpenduduk 805 KK. 3.135 jiwa itu tak luput dari hentakan gempa. Penghuni pulau umumnya bekerja sebagai nelayan.

Meski tak ada korban jiwa, warga tetap khawatir gempa susulan dan tsunami. Kendati logistik menipis, hingga saat ini tak dapat bekerja karena takut adanya gempa susulan atau tsunami.

Untuk berjaga-jaga dan perlindungan, warga berkumpul ditempat yang dianggap aman. Mereka menempati beberapa tempat yang agak datar untuk didirikan tenda sebagai tempat untuk bermalam.

Handoyo menuturkan, warga korban gempa menggunakan bahan seadanya untuk dijadikan alas dan atap. Nampak bekas-bekas baliho yang disambung-sambung. Karena keterbatasan, akibatnya bila hujan, kebocoran tak terhindarkan.

Ada pun saat proses asesmen, Tim memperoleh data rumah rusak berat 25, rusak sedang 30, dan rusak ringan 200 rumah…….. (Red).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Pangdam VI Mulawarman Lepas Misi Bantuan Medis dan Sembako Untuk Daerah Terkena Bencana

Fri Jan 22 , 2021
Kliknusantara.com | SAMARINDA – Misi Bantuan Kemanusiaan oleh Majelis Pandita Buddha Maitreya Indonesia dan PARAMITA FOUNDATION (Yayasan dana Paramita Buddha Maitreya Indonesia) Bekerjasama dengan Kodam VI /Mulawarman (Mlw), Korem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN) Polda Kaltim, dan Pemerintah Daerah Kaltim terus berlanjut. Hal tersebut merupakan bentuk kepedulian dan ketulusan kepada masyarakat […]