Resmi Bertarung, Rahman Hi. Budding Dan Muchtar Deluma Serta Amran Hi. Yahya Ditetapkan KPU Tolitoli

Alisman, SH., Divisi Teknis KPU Tolitoli

Kliknusantara.com | TOLITOLI – Setelah Rapat Pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tolitoli terkait penetapan pasangan calon peserta Pilkada Tolitoli, 3 Tokoh resmi jadi Calon Bupati, yakni Rahman Hi. Budding, Muchtar Deluma dan Amran Hi. Yahya hari ini, Rabu (23/9/2020).

KPU menetapkan Tiga Calon Bupati yang akan bertarung pada pesta demokrasi 9 Desember mendatang. Penetapan itu tertuang dalam surat keputasan KPU Kabupaten Tolitoli No 107/PL.02.3-Kpt/7204/KPU-Kab/IX/2020.

“Keputusan KPU menetapkan empat pasangan calon Kada Kabupaten Tolitoli, melalui pleno dengan melihat seluruh kelengkapan persyaratan sesuai aturan KPU No 9 tahun 2020,” kata Alisman, Komisioner KPU Tolitoli Divisi Teknis.

Sesuai dengan nomor urut pendaftaran, dia mengumumkan, pasangan pertama yaitu, Abdul Rahman Hi. Budding dan Moh.Faisal Bantilan.

Pasangan kedua yaitu Muchtar Deluma, SH., MM., dan Bakri Idrus. Kemudian pasangan Ketiga, Amran Hi. Yahya dan Moh. Besar Bantilan.

” ketiga pasangan calon ini resmi kita tetapkan sebagai peserta Cabup dan Cawabup Kabupaten Tolitoli,” tutur Alisman.

Berdasarkan aturan KPU, setelah ketiga pasangan calon ini ditetapkan, maka calon yang masih terikat status PNS ataupun DPRD, harus segera menyerahkan Surat Keputusan (SK) pemberhentian status kepada pihak KPU. Selambat-lambatnya 60 hari sebelum pemungutan suara.

“Kita ketahui, untuk pasangan Cabup dan Cawabup yang menjadi peserta Pilkada Tolitoli, ada yang berstatus sebagai anggota DPRD Tolitoli dan ada juga sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS),” tuturnya.

Menyinggung soal Ijazah, Alisman menjelaskan, dari semua pasangan calon sudah lengkap semuanya. Sementara untuk nama peserta calon tetap menggunakan data nama surat suara beserta dengan gelar mereka yang telah dilampirkan diijazah mereka.

“Jika mereka menggunakan nama lain atau nama keren untuk kampanye, itu terserah mereka. kita tetap memakai nama berdasarkan data yang telah diterima KPU,” tutur Alisman.

Masih keterangan Alisman, sesuai kesapakatan dengan tim kampanye para pasangan calon, telah menyepakati untuk melepas dan menurunkan semua spanduk, baleho dan sebagainya, setelah ditetapkan sebagai calon.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Kekuatan Penuh, Kapolres Tolitoli Siap Amankan Pilkada Dan Kandidat

Wed Sep 23 , 2020
Kliknusantara.com | TOLITOLI – Kepolisian Resort (Polres) Tolitoli siap mengamankan jalannya Pilkada Serentak 2020 di Tolitoli dengan kekuatan penuh. Bahkan dengan semakin dekatnya waktu pemilihan, kesiagaan personilnya semakin ditingkatkan. Penegasan itu disampakian Kapolres Tolitoli, AKBP Budhi Batara Pratidina, SH., SIK., MH., kepada media ini merespon pengumuman penetapan pasangan calon Bupati […]