Redam Konflik Di Laut, TNI AL Tolitoli Pertemukan Sesama Nelayan yang Berseteru

Letkol Laut Pelaut Hariono Komandan Lanal Tolitoli Buol


SULTENG – Tolitoli | Konflik antar nelayan tradisional dan nelayan modern menjadi permasalahan utama dalam hal pembagian zonasi tangkapan ikan untuk mencari solusi permasalahan pangkalan TNI Angkatan Laut Tolitoli Buol bersama instansi terkait mengadakan pertemuan antar sesama nelayan yang berseteru.

Perseteruan antara kelompok nelayan tradisional dan modern jika tidak diantisipasi sedini mungkin akan menimbulkan dampak negative terhadap mata pencarian mereka, sehingga langkah cepat yang diambil oleh Lanal Tolitoli dengan melakukan pertemuan guna mencari solusi terbaik.

Komandan Lanal Tolitoli Buol Letkol Laut Pelaut Hariono mengatakan, perseteruan antar kelompok nelayan ini dipicu lantaran adanya pengambilan wilayah yang sebelumnya sudah diatur oleh dinas perikanan setempat, dimana untuk nelayan modern yang menggunakan kapal besar jarak area penangkapan ikan ditetapkan 2 mil laut dari garis pantai namun kenyataannya mereka mereka melakukan pelanggaran dengan mengambil area penangkapan nelayan tradisional.

‘’Konflik antar nelayan ini kami lakukan mediasi, agar jangan sampai terjadi gesekan antar nelayan dilaut,’’ujar Komandan Lanal Tolitoli Buol Letkol Laut Pelaut Hariono kepada media ini. Rabu (24/2/2021).

Dijelaskannya, dengan adanya pertemuan nelayan tersebut, seyogyanya bisa mengakhiri perseteruan dan tetap menaati peraturan yang sudah ditetapkan terkait zonasi penangkapan ikan baik nelayan tradisional maupun nelayan modern.

Dalam pertemuan tersebut, selain difasilitasi oleh Lanal Tolitoli Buol juga dihadiri oleh Polsubsektor Pelabuhan Dede. dinas perikanan setempat, serta asosiasi nelayan dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan Covid-19.

Kliknusantara / Sbr.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Terima Kunjungan Danlanal, Bupati Buol Berharap Sinergis Jaga Kedaualatan Maritim

Tue Mar 2 , 2021
SULTENG – Buol | Kedaulatan Maritim merupakan hak dasar yang wajib bagi tiap negara dan juga daerah. Olehnya sebagai kekayaan daerah, tentu mesti di jaga kelestariannya. Sebab melestarikan ekosistem laut sama juga dengan menjaga keseimbangan ekologi daerah. Bupati Buol menerima kunjungan kerja Danlanal Buol Toli-toli di ruang kerjanya Senin, (1/3/ […]