Rapat RKPDes Desa Kongkomos: Peningkatan Ekonomi Masyarakat Prioritas 2021

Kliknusantara.com | Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes) Desa Kongkomos Kecamatan Basidondo prioritaskan peningkatan ekonomi di tahun 2021 mendatang.

Penegasan itu disampaikan Kepala Desa Kongkomos, Drs. Moh. Nur kepada media ini di Kantornya pada Selasa (29/12/202). Menurutnya, peningkatan ekonomi masyarakat sesuai basis dan karakter ekonomi di desanya menjadi agenda utama selain BLT Dana Desa.

“Kegiatan yang diprioritaskan dalam penggunaan Dana Desa Kongkomos tahun depan selain BLT adalah peningkatan ekonomi masyarakat,” ungkapnya kepada awak Liputan Desa Membangun.

Dikatakannya, keputusan tersebut telah menjadi kesepakatan musyawarah Desa yang tertuang dalam RKPDes Kongkomos Tahun 2021 yang berlangsung Selasa siang (29/12).

Acara rapat RKPDes tersbut dibuka langsung oleh Ketua BPD, Asri Tado, didampingi oleh Kepala Desa Kongkomos, Drs. Moh. Nur. Hadir juga Pendamping Teknik Kecamatan, Samsu, ST. dan Pendamping Lokal Desa, Suriani.

Acara yangg berlangsung di Balai Kemasyarakatan Desa Kongkomos tersebut, turut dihadiri para aparat desa, anggota BPD dan para Ketua RT. Nampak hadir juga Petugas Pertanian Lapangan dan Pendamping Read Desa Kongkomos.

Dinamika dalam rapat tersebut, muncul beberapa usulan fisik infrastruktur yang prioritas untuk didanai angaran DD tahun 2021. Namun hal itu terkendala oleh regulasi 50 persen HOK. Karena hal itu sehingga diputuskan bahwa prioritas kegiatan tahun 2021 setelah BLT DD adalah bantuan peningkatan ekonomi masyarakat.

Kegiatan tersebut selain sesuai dengan prioritas penggunaan DD Tahun 2021, juga bisa membantu masyarakat dari kesulitan ekonomi akibat pandemid covid 19.

Meski demikian, kata kades, beberapa kegiatan fisik masih tetap akan diusahakan didanai lewat dana desa tahun 2021 terutama usulan yangg sempat tertunda tahun lalu, seperti sarana air bersih dan jembatan.

Sisanya lanjut Kades, tergantung kondisi bangunan tersebut.

“Selama bangunan tersebut bisa memenuhi target HOK 50 persen, tetap diusahakan akan dibangun,” jelasnya……. (Abu).

#Dana Desa

#Desa Membangun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Pengamat Intelijen: Pengganti Kapolri Mengerucut Kepada Dua Nama

Wed Dec 30 , 2020
Kliknusantara.com | JAKARTA – Pada penghujung Bulan Desember tahun ini, perbincangan pengganti Kapolri terus menghangat. Kendati demikian, belum ada kepastian nama calon pengganti Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis yang di ajukan ke DPR RI oleh Presiden untuk mendapatkan persetujuan. Sejauh ini, nama-nama yang diperbincangkan belum bergeser dari para Jenderal Bintang […]