Pushidrosal Survey Wilayah Perairan Tolitoli, Penguatan Teritorial Pertahanan Laut

Kliknusantara.Com [Tolitoli-Sulteng] – Pusat Hidrografi dan Oseanografi (Pushidrosal) TNI Angkatan Laut melakukan survei dan pemetaan hidro-oseanografi di wilayah perairan Tolitoli. Survey itu terkait Rencana pendirian pangkalan TNI Angkatan Laut Tolitoli.

Pemetaan dan survey dilakukan guna mendukung rencana pendirian pangkalan sebagai bentuk pertahanan dan keamanan teritorial di laut.

Langkah itu menjadi sangat starategis mengingat Kabupaten Tolitoli merupakan daerah satu-satunya di Sulawesi Tengah yang berbatasan langsung dengan kedua negara ASEAN, yakni Malaysia dan Philipina.

Saat dikonfirmasi, kegiatan survey itu sesuai rencana yang telah ditetapkan akan berlansung lebih dari sebulan.

‘’Pemetaan dan survey yang dipusatkan di perairan Tolitoli sekitarnya, akan berlangsung selama 50 hari kedepan,” ungkap Komandan Unit 2 Survei Pushidrosal, Letkol Laut (P) Derius Rizky Khair kepada media ini Senin (27/7/2020).

Dikatakan Derius, survei hidro-oseanografi meliputi akuisisi, pengumpulan, pengolahan dan penyajian data hidro-oseanografi di perairan Tolitoli. Menurutnya, tujuan kegiatannya itu untuk melaksanakan tugasnya mengupdate data hidrografi dan oseanografi, geografi maritim serta sarana bantu navigasi pelayaran di perairan laut.

“Nantinya hasil survey dan pemetaan, akan dibawah kembali ke jakarta untuk diolah lebih lanjut melakukan updeting data laut serta perencanaan kedepan,” terang Derius.

Lebih jauh menurut perwira Dua Bunga itu, selain untuk keperluan pertahanan, data survei yang diperoleh dapat digunakan oleh pemkab setempat untuk perencanaan tata ruang di laut dan pengelolaan sumber daya kelautan.

Dengan dilakukan survey dan pemetaan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat guna mendukung pertahanan negara dan kedaulatan NKRI. selain itu pelaksanakan survei dan pemetaan hidro-oseanografi juga memegang peran dan fungsi yang penting lainnya yaitu diplomasi Angkatan Laut.

Terkait survey yang dilaksanakan di wilayah Lanal Tolitoli itu, Komandan Lanal Tolitoli Letkol Laut (P). Bayu Dwi Wicaksono mengungkapkan, pihaknya mendukung sepenuhnya. Menurutnya rencana pendirian pangkalan kedepannya akan menjadi salah satu pemantauan dibidang maritim.

“Dengan adanya rencana pendirian pangkalan insha Allah bisa melakukan monitoring setiap kedatangan kapal KRI maupun kapal kapal yang akan memasuki perairan Tolitoli,’’ tukas orang nomor 1 di Lanal Tolitoli itu.

35b24349cfd79c2fca67650b87d971df

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Tingkatkan Kemampuan Bertempur, Yonif 611/Awang Long Latihan Posko I 'Tombak Sakti'

Mon Jul 27 , 2020
KLIKNUSANTARA.COM [SAMARINDA] – Batalyon Infanteri 611/Awang Long merupakan satuan pelaksana Korem 091/ Aji Surya Natakesuma (ASN) yang senantiasa dituntut untuk selalu siap digerakkan dalam rangka tugas Operasi Militer untuk Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) di wilayah Kalimantan Timur di seluruh wilayah NKRI. Guna mendukung keberhasilan tugas tersebut, […]