Potensi Pendapatan Desa, Pemdes Tinading Rencanakan Bangun Kolam Pemancingan

Kliknusantara.com | LAMPASIO – Pemdes Tinading rencanakan pembangunan kolam pancing seluas 80 are. Keberadaan kolam pemancingan ikan air tawar itu dimaksudkan sebagai lokasi rekreasi sekaligus untuk meningkatkan Pendapatan Desa.

Kepala Desa Tinading, I Gusti Bagus Ngurah Utama, mengemukakan rencana pembangunan kolam pancing di desanya saat Tim Liputan Desa Membangun menyambangi kediamanya, Rabu (10/2/2021) pagi

Menurutnya, program ini sudah lama menjadi pemikirannya. Hanya saja keterbatasan anggaran membuatnya berpikir keras mencari solusi alternatif.

“Sudah lama terpendam di otak saya namun belum bisa terlaksana akibat adanya pandemi covid -19 yang mengharuskan penganggaran BLT melalui Dana Desa. Kegiatan pembangunan sebagian harus di pending dan di cancel termasuk rencana pembuatan kolam tempat mancing,” ungkapnya.

Gusti menambahkan, “menurut kami rencana pembangunan ini membutuhkan dana besar, sudah bisa di pastikan rencana ini tidak akan bisa terlaksana di saat pandemi COVID-19 masih merajalela. Namun saya tetap optimis dan bertekad kuat untuk mewujudkan rencana ini melalui anggaran dana desa setelah semua COVID-19 sudah berakhir”.

Selain berpotensi memperoleh pendapatan desa, ide itu juga untuk membangun Desa Tinading lebih maju dan indah.

Dikatakannya, kolam tempat mancing dibangun dengan tujuan meningkatkan pendapatan desa. Warga Tinading yang hobi mancing dapat tersalurkan. Begitu juga dapat mengundang orang berduit yang punya hobi mancing untuk datang ke tempat pemancingan itu.

Warga dapat menambah penghasilannya melalui tempat pembakaran ikan yang akan disediakan nantinya di sekitar lokasi pancing.

“Jadi pemancing yang dapat ikan dan mau menyantap hasil pancingannya dengan cara di bakar, sudah siap untuk itu dan pastinya ada upah untuk pembakaran ikan tersebut dan warga mendapatkan penghasilan tambahan,” imbuhnya.

Mancing di kolam ini nantinya, gratis. Jadi siapa saja boleh datang, tapi ikan hasil pancingan itu harus di bayar dengan hitungan perkilo sesuai harga yang di tetapkan nantinya…… (Aby).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 611 Awang Long Patroli Keamanan

Sat Feb 13 , 2021
Kliknusantara.com | SAMARINDA – Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan RI-PNG (Satgas Pamtas RI-PNG) adalah satuan tempur untuk melaksanakan tugas pengamanan perbatasan wilayah darat RI-PNG di Papua. Penugasan itu dalam rangka menjamin teganya kedaulatan NKRI dengan tugas pokok mengamankan perbatasan RI-PNG, mencegah pergeseran patok, mencegah kegiatan illegal di wilayah perbatasan, mencegah aksi-aksi […]