Potensi Banyak Terlantar, Kapolsek Inginkan Mindset Warga Dampal Utara Berubah Lebih Mandiri

Kapolsek di Dampal Utara, Tolitoli, Iptu Anshari Tolah bersama Istri.

Kliknusantara.Com [Dampal Utara Tolitoli] – Menjabat sebagai Kapolsek di Dampal Utara, Iptu Anshari Tolah menjadi lebih mengenal anatomi struktur sosial warga di wilayah kerjanya yang masih sangat kental dengan tradisi pedesaan. Ia mengamati betul karakter warga Dampal Utara yang nyaris seluruhnya desa pesisir.

Perwira yang lama di Satuan Binmas Polres Tolitoli hingga menjabat Kasat Binmas sebelum jadi Kapolsek itu, saat berbincang dengan media ini pada Senin (23/6) lalu, di rumah dinasnya, berkisah banyak tentang pengalaman dan kiprahnya.

Menariknya dalam kesempatan itu sosok Polisi yang dikenal ramah itu, mnjelaskan keinginanya merubah maindset (cara berpikir) warga di Dampal Utara.

Anshari yang akrab dengan banyak tokoh masyarakat semenjak bertugas di Satuan Binmas itu menyimpan kegalauan tersendiri dengan menyaksikan suasana yang timpang dalam benaknya.

Menurutnya, satu sisi kehidupan warga nampak susah secara ekonomi. Olehnya mereka slalu beharap dapat bantuan dari pemerintah. Pada saat yang sama, begitu banyak potensi lahan tidur menganggur. Demikian pula potensi laut yang luas tak termanfaatkan.

Menurut amatan sosok yang akrab dengan pers ini, selama bertugas di Dampal Utara, dalam pandangannya warga terlalu kaku dan terlena dengan apa yang ada dan sedang dihadapinya. Tak ada upaya atau inisiatif untuk mencari alternatif yang lebih baik dari sebelumnya.

“Jadi kalau dia yang kerja sebagai anggota nelayan Paggae, maka seumur hidupnya cuma mau jadi paggae saja. Kalau dia jadi pekerja kebunya orang, seumur hidupnya cuma mau jadi pekerja kebunya orang terus. Padahal potensinya bisa lebih dari kemampuannya saat ini,” ungkapnya.

Kondisi demikian, semakin jadi ketika warga masuk kategori penerima bantuan pemerintah. Dengan adanya bantuan sosial itu, menjadikan warga semakin manja.

Menurut Anshari, maindset seperti inilah yang ingin dirubahnya. Upaya itu sementara dijalaninya saat ini, meski masi pada tahap memberi motivasi. Hal itu dilakukannya saat turun ke desa-desa. Ia pun menyampaikan dan mendiskusikannya dengan Kades-kades yang didatanginya.

“Untuk merubah maindset seperti ini kita coba memberdayakan potensi sumber daya manusia dan sumber daya alam yang ada. Tapi untuk menrapkan potensi ini kita butuh dukungan dari orang yang juga inginkan perubahan. Kalau kita sudah dapat dua atau tiga orang inginkan perubahan, mari kita bergerak,” ujarnya.

Meski demikian, upaya-upayanya itu agak terkendala dengan suasana penyebaran wabah Covid-19 saat ini.

“Cuma sekarang lagi ada covid-19 makanya sedikit ada kendala,” katanya.

“Saya kepingin inovasi desa betu-betul berjalan bukan cuma slogan,” imbuhnya.

Menurutnya, apa yang menjadi keinginannya itu tidak ada maksud atau tendensi apa pun. Semata ingin melihat Dampal Utara dan warganya bisa maju dengan segala potensi yang dimilikinya.

Tidak banyak sosok yang bisa kita jumpai seperti Kapolsek Dampal Utara ini. Di tengah kesibukan dan tanggungjawabnya terkait penegakan hukum dan Kamtibmas diwilayahnya, ia masih sempat menangkap potret kehidupan warga.

Bahkan mampu memberi analisa sosial dan solusi atas apa yang menjadi hasil pengamatannya.

Semoga sosok kepolisian selalu peduli dan mampu interaktif dengan warga dimanapun ia bertugas.

Selamat Hari Bhayangkara, Selamat ulang tahun ke-74 Kepolisian Republik Indonesia……(Tim).

35b24349cfd79c2fca67650b87d971df

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Dimintai 5 Juta Soal Gerbang Sandana Agar Tak Dibongkar, Kades Lapor Camat

Thu Jul 2 , 2020
Kliknusantara.Com [Sandana-Tolitoli] – Soal pintu gerbang Desa Sandana yang terancam dibongkar oleh pengurus Koperasi Pidotta, mendapat tanggapan Kepala Desa Sandana. Sebelumnya dalam pemberitaan media ini, ancaman pembongkaran itu karena tiangnya masuk di tanah milik koperasi tanpa pembicaraan dan koordinasi dengan pengurus. Kepala Desa Sandana, Zaenudin kepada media ini menjelaskan bahwa […]