Pionir Joyful Train: Resort Shirakami

Apakah Anda menikmati bepergian menggunakan kereta? Cara bepergian favorit saya di Jepang tidak lain adalah menggunakan kereta. Bukan yang berkecepatan tinggi atau yang berteknologi canggih seperti shinkansen, tapi kereta lokal yang berada jauh di dalam pedesaan – seperti kereta Resort Shirakami yang berlokasi di utara Tōhoku (). Bisa menikmati makanan lokal ekiben (kotak makan siang) di kereta sambil melihat pemandangan indah, menaiki kereta ini sendiri adalah sebuah petualangan.

Dengan JR EAST PASS (Tohoku area), semua shinkansen, kereta reguler dan ekspres, dan Joyful Trains bisa dinaiki! Kamu bisa naik sepuasnya tanpa batas di seluruh Tohoku dan dari/ke bandara besar.

Jelajahi setiap destinasi (dan kereta) sepuasnya sebelum kamu pergi ke tujuan berikutnya, karena Pass hanya membolehkan penggunaan selama lima hari dalam periode 14 hari.

PELAJARI INFORMASI LEBIH LANJUT MENGENAI JR EAST PASS

 

Resort Shirakami
Image credit: East Japan Railway Company

Bukan hanya berfungsi sebagai alat transportasi, Resort Shirakami merupakan destinasi utama – yang ada di daftar perjalanan saya seperti berlibur ke taman hiburan atau ke kastil. Dengan membandingkan pemandangan di tiap musim yang berbeda dalam setahun, selalu saja ada sesuatu yang membuat saya ingin kembali menaiki kereta ini lagi. Saat musim semi, musim panas, musim gugur dan musim dingin, semua musim di Tohoku dapat dirasakan dengan sangat jelas. Mengunjungi tempat yang sama di musim lainnya akan memberikan pengalaman yang amat berbeda juga.

Image credit: Carissa Loh (East Japan Railway Company)

Sampai saat ini saya sudah mencoba sekitar 25 kereta bertema di Jepang. Populer dengan sebutan “Joyful Trains”, beberapa kereta memiliki desain interior yang indah (desain interior kayu adalah kesukaan saya!); sedangkan beberapa lainnya menawarkan makanan lezat yang dibuat dengan bahan-bahan lokal baik dijual paketan atau ekiben.

Image credit: Carissa Loh (East Japan Railway Company)

Kereta lainnya memiliki tempat wisata yang menakjubkan di sepanjang jalan – kereta akan berjalan melambat agar Anda dapat mengambil foto, atau Anda bisa turun dari kereta untuk melihatnya lebih dekat, juga ada bus yang akan membawa Anda ke tempat yang menarik. Beberapa kereta lainnya mengadakan kegiatan yang menyenangkan di dalamnya atau di stasiun – pujian untuk para relawan dan para petugas!

Siapa yang tahu bahwa hal-hal seperti itu dapat dinikmati dari sebuah kereta? Resort Shirakami menawarkan SEMUA hal tersebut, membuatnya menjadi pilihan terbaik bagi pemula maupun yang sudah berpengalaman. Menjadi yang pertama di Joyful Trains, Resort Shirakami tetap menjadi salah satu yang paling banyak dinaiki dan yang paling disukai sepanjang waktu. Pelopor Joyful Train ini sesuai dengan namanya sebagai kereta resor untuk area Shirakami, menggabungkan desain, makanan, keindahan alam, dan banyaknya aktivitas. Ada sesuatu hal untuk kalian:

Turun dan berekreasi

Resort Shirakami melakukan perjalanan di sepanjang rute pantai yang sangat indah antara Stasiun JR Akita dan Stasiun JR Aomori. Setiap harinya, ada tiga kereta Resort Shirakami beroperasi di setiap arah. Beberapa orang naik untuk merasakan seluruh perjalanan dari Akita → Aomori (atau sebaliknya). Tapi, daripada hanya pergi dari satu pemberhentian akhir ke pemberhentian akhir lainnya, Anda juga bisa turun diantaranya, sejenak pergi jalan-jalan, dan melanjutkan perjalanan pada kereta selanjutnya. Berikut ini adalah beberapa pemberhentian favorit saya di sepanjang rutenya:

Aoike

Image credit: Carissa Loh (East Japan Railway Company)

Dikelilingi oleh hutan beech, Aoike adalah kolam biru yang indah yang berlokasi di dekat Stasiun JR Jūniko. Disinilah tempat dimana salah satu nama Resort Shirakami didapatkan, dan tentu saja wajib dikunjungi setidaknya satu kali. Kandungan mineral yang ada pada air membuat kolam tampak berwarna biru cerah, dan sangat mempesona untuk dilihat. Juga ada balkon tinggi agar Anda mendapatkan pemandangan yang lebih luas. Hanya saja, berhati-hatilah setelah cuaca hujan, di sini saya pernah terpeleset dan pergelangan kaki saya terkilir parah.

Dari Stasiun Juniko, menghabiskan waktu 15 menit menggunakan bis ke Bis Terminal Aoike (青池バスターミナル), lalu berjalan sejauh 600 meter ke Aoike. Jalurnya cukup lebar dan datar, dan muat untuk kursi roda. Tetapi, perlu dicatat jika pemandangan di balkon memiliki anak tangga. Bus menyesuaikan waktu kereta Resort Shirakami, jadi jangan khawatir menunggu lama. Bis Terminal juga menjual makanan ringan, suvenir, dan kursi untuk beristirahat.

Di bawah ini adalah contoh jadwal dengan waktunya:
8:20–10:26 | Akita → Juniko 「Resort Shirakami 1」
10:40–10:55 | Juniko → Aoike Bus Terminal (Bis, ¥360)
11:00–12:30 | Walk around Aoike
12:30–12:45 | Bis Terminal Aoike → Juniko (Bis, ¥360)
13:06–15:49 | Juniko → Hirosaki 「Resort Shirakami 3」

Koganezaki Furofushi Onsen

Image credit: Prekeftur Aomori

Anda juga dapat memilih untuk berhenti di suatu tempat untuk bermalam, dan melanjutkan perjalanan Anda di hari selanjutnya. Salah satu contoh pemberhentian tersebut adalah Stasiun Tsubakiyama, jika Anda berhenti di sini, saya rekomendasikan untuk berendam di Onsen Koganezaki Furōfushi, pemandian air panas terbuka di tepi pantai yang menawarkan panorama lautan yang fantastis! “Furofushi” berarti awet muda dan abadi, jadi siapa tahu, menyempatkan berendam di sini dapat meningkatkan kesehatan Anda dan membuat Anda panjang umur! Pemandangan lautnya yang luas juga menakjubkan.

Koganezaki Furōfushi Onsen

Alamat: 15 Shimokiyotaki, Henashi, Fukaura-machi, Aomori 038-2327
Akses: Shuttle bus from JR WeSpa Tsubakiyama Station
Jam buka untuk pengunjung perjalanan sehari:
Kogane no yu (黄金の湯): 08:00–20:00
Furofushi no yu (不老ふ死の湯): 10:30–14:00
Outdoor seaside bath (海辺の露天風呂): 08:00–16:00
Biaya masuk: ¥600
Telepon: +81-173-74-3500

Kota Hirosaki

Image credit: Carissa Loh (East Japan Railway Company)

Pemberhentian lain yang sangat saya rekomendasikan yaitu di Stasiun Hirosaki. Prefektur Aomori adalah produsen apel terbesar di Jepang. Kota Hirosaki menghasilkan jenis apel terbanyak. Kenapa tidak mencoba memetik apel jika Anda berkunjung antara bulan September hingga bulan November? Taman Apel Hirosaki memiliki 65 jenis apel dan menawarkan latar belakang Gunung Iwaki yang menakjubkan di kejauhan.

Pada waktu lainnya, Anda dapat menikmati buah-buahan lezat ini dengan cara yang berbeda contohnya seperti pai apel! Ada lusinan toko yang menjual pai apel yang baru dipanggang di Hirosaki, sehingga kantor pariwisata setempat bahkan membuat pamflet peta panduan pai apel. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang kisah Hirosaki dan apel, lihat film Kiseki no Ringo yang berdasarkan kisah seorang petani yang berupaya membudidayakan apel bebas bahan kimia di Hirosaki.

Hirosaki Apple Park

Alamat: 125 Terasawa, Shimizutomita, Hirosaki-shi, Aomori 036-8262
Akses: Take the Tamenobu bus (ためのぶ号) from JR Hirosaki Station (¥200). (Bus only operates from April to November)
Jam buka: Apple-picking is available from 09:00–16:00 (August until mid-November)
Biaya: ¥200 per kilogram of apples picked
Telepon: +81-172-36-7439

Image credit: Carissa Loh (East Japan Railway Company) (atas) / JR East / Carissa Loh (top), Hirosaki City / JNTO (bawah)

Hirosaki juga terkenal dengan bunga sakura di Taman Kastil Hirosaki, yang merupakan satu dari tiga tempat terbaik di Jepang untuk melihat bunga sakura. Teknik diambil dari budidaya apel yang telah diadaptasi untuk menumbuhkan pohon sakura yang lebih rimbun dan lebih indah.

Taman Kastil Hirosaki menawarkan pemandangan berbeda-beda pada siang hari dan pada malam hari. Datanglah di kedua waktu tersebut jika sempat. Pemandangan terkenalnya yaitu karpet bunga sakura yang terjadi ketika kelopak bunga terjatuh dan menumpuk perairan parit yang tenang, seakan membentuk karpet berwarna merah muda. Bunga sakura di sini mekar sekitar akhir April hingga pertengahan Mei, dan sebuah festival juga digelar selama periode ini.

Hirosaki Cherry Blossom Festival

Alamat: 1 Shimoshiroganecho, Hirosaki-shi, Aomori 036-8356
Akses: Naik bus Dotemachi Loop dari Stasiun JR Hirosaki ke pemberhentian bis Shiyakushomae dan berjalan kaki 5 menit ke Taman Hirosaki.
Jam buka gerai makanan: 09:00–21:00
Penerangan malam: 18:30–22:00

Image credit: Hirosaki City

Jika Anda tidak bisa berkunjung saat musim semi, cobalah untuk berkunjung saat musim dingin. Anda bisa melihat Winter Sakura Light Up. Aomori memiliki curah salju tertinggi di Jepang, dan selama musim dingin salju akan menumpuk di cabang-cabang pohon sakura dan parit di bawahnya. Setiap malam di bulan Desember hingga bulan Februari, pohon-pohon diterangi dengan cahaya merah muda sehingga membuatnya terlihat seperti sakura yang sedang mekar.

Nikmati perjalanan

Dalam perjalanan, kereta Resort Shirakami berhenti di berbagai stasiun. Di beberapa stasiun, Anda dapat turun dan ikut serta pada kegiatan dan acara kecil yang diselenggarakan oleh petugas khusus untuk penumpang kereta Resort Shirakami.

Stasiun Noshiro

Image credit: Carissa Loh (East Japan Railway Company)

Pada beberapa kereta pagi, Resort Shirakami berhenti di Stasiun JR Noshiro selama sekitar 10 menit. Di tempat ini, Anda bisa mencoba bermain basket di peron! Noshiro terkenal dengan kehebatan bola basketnya, hal itu dikarenakan prestasi Sekolah Tinggi Teknik Noshiro yang telah memenangkan Kejuaraan Nasional Jepang lebih dari 50 kali dan menjadi inspirasi bagi Sekolah menengah atas dalam seri manga terkenal Slam Dunk. Lempar bola ke dalam ring untuk mendapatkan hadiah spesial seperti coaster Resort Shirakami atau kartu pos yang terbuat dari kayu cedar. Akita terkenal dengan kayu cedar, dan Anda mungkin saja menemukan beberapa pedagang lokal yang menjual kerajinan kayu cedar di peron.

Stasiun Senjojiki

Image credit: Akio Kobori (East Japan Railway Company)

Pada siang hari, sebagian besar kereta akan berhenti di Stasiun JR Senjōjiki selama 15 menit, dan Anda dapat menyeberang jalan dan mendekati laut. Lalu carilah cumi panggang lezat yang dijual di toko setempat! Pastikan untuk bergegas, karena jumlahnya terbatas. Jika kamu telat, lupakan keinginan untuk mencicipinya.

Saya telah ke Senjojiki empat kali, tetapi hanya berhasil 2 kali membeli cumi panggang. Jangan khawatir ketinggalan kereta kembali, karena sekitar 3 menit sebelum keberangkatan, kereta akan membunyikan peluit dengan kencang yang menandakan kereta akan berangkat kembali.

Baca juga: Menjelajahi Yamagata Dengan Kereta Footbath: Toreiyu Tsubasa

Pertunjukan di dalam kereta

Image credit: Akio Kobori (East Japan Railway Company)

Tergantung pada keretanya, ada berbagai pertunjukan di kereta seperti Shamisen (三味線 alat musik dawai tradisional Jepang) berdongeng dalam dialek Tsugaru dan pertunjukan boneka. Saya amat menikmati pertunjukan Shamisen karena ada bagian dimana penonton dapat bergabung.

Desain kereta

Kereta Resort Shirakami beroperasi di Jalur JR Gonō mengitari Shirakami-Sanchi, Situs Warisan Alam Dunia UNESCO di prefektur Akita dan prefektur Aomori, dimana Anda dapat menemukan pohon beech purba, hewan-hewan langka seperti burung pelatuk hitam (KUMAGERA), danau serta kolam yang menakjubkan di AOIKE⁠—kamu dapat menebaknya⁠—dari Shirakami-Sanchi lah, ketiga kereta Resort Shirakami mendapatkan nama mereka!

BUNA・橅

Image credit: Carissa Loh (East Japan Railway Company)

Buna memiliki arti “pohon beech”. Kereta ini adalah kereta Resort Shirakami terbaru yang telah diperbaharui pada tahun 2016. Eksterior hijaunya melambangkan alam dan pepohonan, dan dijalankan dengan mesin listrik hibrida / mesin diesel. Desain interiornya menampilkan banyak kayu yang berasal dari daerah lokal yang dilewati kereta (Akita terkenal dengan kayu cedar), serta warna-warna cerah dan hangat seperti kuning, oranye dan pink.

Image credit: Carissa Loh (East Japan Railway Company)

Buna merupakan satu-satunya kereta yang memiliki konter penjualan di dalamnya 「Oraho」 yang menjual souvenir, bento (kotak makan siang) yang dibuat dengan bahan-bahan lokal, bir dan sake lokal, serta kerajinan setempat. Di seberang konter terdapat “window-facing” kursi bar yang menghadap ke laut. Jika Anda hanya bisa naik salah satu kereta Resort Shirakami, saya sarankan untuk mencoba Buna! Wifi gratis juga tersedia di kereta.

AOIKE・青池

Image credit: Carissa Loh (East Japan Railway Company)

Aoike berarti “kolam biru” dan merupakan nama tempat wisata yang indah di daerah Shirakami-Sanchi yang telah saya informasikan sebelumnya. Kereta ini terakhir diperbarui pada tahun 2010 dan dilengkapi dengan mesin listrik / diesel hibrida. Desain warna interior kereta ini berwarna abu-abu dengan aksen vermillion.

KUMAGERA・くまげら

Image credit: Carissa Loh (East Japan Railway Company)

Kumagera berarti “burung pelatuk hitam” spesies endemik di daerah Shirakami-Sanchi. Kumagera adalah kereta tertua dan terakhir diperbaharui pada 2006. Dimaksudkan menyerupai matahari terbenam, eksteriornya dilapisi dengan warna kuning dan oranye. Interior Kumagera menampilkan kursi berwarna merah tua, seperti halnya burung Kumagera.

Kursi dan pemandangan

Image credit: Carissa Loh (East Japan Railway Company) / Akio Kobori (East Japan Railway Company)

Ketiga kereta berjalan di rute yang sama, hanya saja keretanya berbeda. Semua kereta Resort Shirakami terdiri dari empat rangkaian kereta. Tiga rangkaian memiliki kursi reguler dengan format kursi 2-2 dilengkapi dengan ruang untuk kaki yang luas. Jendelanya besar dan lebar, menawarkan pemandangan menakjubkan dari birunya lautan dan hijaunya persawahan.

Image credit: Carissa Loh (East Japan Railway Company)

Di tiap kereta terdapat satu rangkaian kursi kompartemen yang menawarkan pemandangan laut yang indah. Beberapa kursi kompartemen ini bahkan memiliki fitur khusus seperti: kursi dapat dipanjangkan, merubahnya menjadi tempat beristirahat yang luas, yang mana Anda dapat duduk bersila bahkan berbaring! Ini adalah pengalaman unik untuk kereta api, dan pasti membuat perjalanan saya lebih santai. Hal ini merupakan pengalaman unik untuk sebuah kereta, dan pastinya membuat perjalanan saya semakin nyaman.

Semua kursi yang tersedia di Kereta Resort Shirakami hanya untuk mereka yang telah melakukan reservasi terlebih dahulu (bahkan untuk para pemegang pass kereta api), jadi pastikan Anda telah melakukan reservasi sebelumnya. Untuk reservasi secara online, tipe kursi (regular atau kompartemen) tidak dapat ditentukan. Akan tetapi, jika Anda melakukan reservasi langsung di konter tiket JR, Anda bisa meminta tempat duduk kompartemen (tergantung ketersediaan) tanpa biaya tambahan.

Perpanjangan menginap di Aomori atau Akita

Jika Anda menaiki Resort Shirakami, kemungkinan Anda akan memulai atau mengakhiri perjalanan Anda di Kota Aomori, salah satu tempat favorit saya di Tohoku. Saya sangat merekomendasikan untuk singgah satu atau dua hari di kota yang menarik ini untuk menjelajahi makanan lautnya yang lezat dan melakukan liburan singkat menjelajahi alam yang indah di sekitar Taman Nasional.

Image credit: East Japan Railway Company

Oirase Keiryū adalah aliran air gunung yang sangat indah yang mengalir keluar dari Danau Towada, di dekat perbatasan Aomori dan Akita. Pemandangan terbaik untuk dinikmati adalah dedaunan kuningnya yang terkenal selama musim gugur (akhir Oktober–awal November), dan tanaman hijau segar di awal musim panas (Mei–Juni). Namun, musim dingin juga menawarkan pemandangan salju yang magis ketika semuanya membeku atau diselimuti warna putih.

Oirase Keiryu berjarak 2 jam perjalanan bus dari Stasiun JR Aomori. Pemegang JR EAST PASS (Tohoku area) dapat naik bus gratis.

Tahukah Anda? Pemegang Pass JR East Tohoku Area juga bisa menggunakan bis JR selama berada di area tersebut! Bis ini termasuk rute menuju Oirase Keiryu, Lake Towada, Kusatsu Onsen, dan banyak lagi lainnya.

PERJALANAN TANPA BATAS membolehkan And untuk naik turun kendaraan selama berada di rute yang membentang sepanjang 14km di Oirase Keiryu dan Lake Towada jika Anda ingin menikmati pemandangan tanpa harus berjalan kaki.

Image credit: Carissa Loh (East Japan Railway Company)

Dikelilingi 3 sisi oleh Laut Jepang, Selat Tsugaru, dan Samudra Pasifik, variasi dan kualitas makanan laut dari Aomori sangat tinggi. Secara khusus, Aomori adalah produsen teratas untuk kerang, cumi-cumi dan tuna sirip biru. Nikmati makanan laut segar dengan nokkedon, swakarya rice bowl dan pilih topping yang Anda inginkan.Image credit: Carissa Loh (East Japan Railway Company)

Image credit: Carissa Loh (East Japan Railway Company)

Pertama-tama, belilah kupon di pintu masuk utama (¥1,500 untuk 10 kupon, atau ¥750 untuk lima kupon). Selanjutnya, Anda akan mendapatkan nasi dengan menukar 1 atau 2 kupon (porsi reguler atau besar). Kemudian Anda berkeliling di 30 kios pasar hasil laut untuk menukar kupon yang tersisa dengan berbagai topping yang Anda inginkan. Terdapat berbagai ikan yang tersedia pada tiap musim yang berbeda, jadi saya selalu senang datang kesini pada musim apapun. Topping nokkedon kesukaan saya adalah kerang, telur salmon dan landak laut. Seperti yang diharapkan, kerang Aomori besar dan juicy! Selain ikan mentah, ada juga beberapa warung dengan makanan laut bakar / goreng, sayuran dan tamagoyaki buatan sendiri.

Aomori Gyosai Center

Alamat: 1-11-16 Furukawa, Aomori-shi, Aomori 030-0862
Aksek: 5-menit jalan dari Stasiun JR Aomori
Jam buka: 07:00–15:00 (Tutup hari Selasa)
Telepon: +81-17-763-0085

Image credit: Akita Tourism Federation

Jika Anda tidak datang/pergi ke Aomori, maka Anda mungkin datang/pergi ke Akita. Akita terkenal dengan anjing, Akita Inu, jenis anjing yang besar dan setia. Mungkin Akita Inu yang paling terkenal adalah Hachiko, terdapat sebuah patung yang telah didirikan di Stasiun Shibuya. Untuk makanan lokal, cobalah kiritanpo, kue beras yang ditumbuk yang dibuat menjadi sup dengan daging. Musim-musim serupa di Tohoku juga dapat dialami di seluruh Akita, mulai dari bunga sakura dan warna musim gugur di Kakunodate Samurai Residences, hingga pemandangan bersalju di musim dingin.

Baca juga: Keseruan Berkereta: Panduan Lengkap Anda untuk 13 Joyful Trains milik JR EAST!

Perjalanan dengan kereta Resort Shirakami (Buna)

Kereta Resort Shirakami sesuai dengan namanya sebagai kereta resor untuk area Shirakami, menggabungkan desain, makanan lokal, alam yang indah, dan sejumlah aktivitas menyenangkan di sepanjang perjalanan. Klik di sini untuk informasi lebih lanjut tentang pionir Joyful Train ini.



Untuk menuju ke sana

Kereta Resort Shirakami beroperasi hampir setiap hari, dengan banyak kereta per hari, menjadikannya salah satu kereta Joyful Train termudah untuk dicoba. Lihat jadwal dan jadwalkan di sini.

Kereta resort Shirakami dapat diakses dari stasiun shinkansen JR Shin-Aomori dan JR Akita. Shin-Aomori berjarak 3 jam 10 menit dengan Shinkansen dari Tokyo di Tohoku Shinkansen. Akita berjarak 3 jam 40 menit dengan Shinkansen dari Tokyo di Akita Shinkansen. Semua kursi di Resort Shirakami memerlukan pemesanan yang dapat dilakukan secara online hingga satu bulan sebelum keberangkatan Anda di sini.

Image credit: East Japan Railway Company

Jika Anda berpikir untuk mengunjungi wilayah Tohoku, silakan cek JR EAST PASS (Tohoku area), pass dengan harga terjangkau dan fleksibel yang menawarkan perjalanan kereta api unlimited di jalur JR East (termasuk shinkansen) selama 5 hari sesuai dengan pilihan Anda dalam periode 14 hari. Hanya dengan ¥19,350 saat dibeli di luar Jepang, harganya lebih murah daripada perjalanan pulang-pergi antara Tokyo dan Aomori (~¥35,000) atau Tokyo dan Akita (~¥36,000), serta waktu 5 hari tidak harus dilakukan berturut-turut. Kereta Resort Shirakami dan Joyful Train lainnya juga dapat dinaiki secara gratis dengan JR EAST PASS (Tohoku area).

Image credit: Carissa Loh (East Japan Railway Company)

Selain pemandangan yang menakjubkan, Joyful Train seperti Resort Shirakami menawarkan segudang pengalaman wisata lokal yang unik seperti makanan dan acara khusus. Di waktu selanjutnya Anda berkunjung ke Jepang, mengapa tidak mencoba kereta Joyful Train untuk merasakan daya tarik unik daerah setempat? Lihat juga Toreiyu Tsubasa yang adalah kereta peluru footbath; kereta kafe FruiTea Fukushima; dan POKÉMON with YOU Train yang wajib dicoba oleh penggemar Pikachu! Klik di sini untuk mengetahui informasi JR East Joyful Train.

JR East Pass

JR EAST PASS (Tohoku area) menawarkan PERJALANAN TANPA BATAS di semua JR East Rail Lines di area yang sudah ditentukan, dan juga berlaku untuk Narita Express dari dan ke Bandara Narita, Tokyo Monorail dari dan ke Bandara Haneda dan semua jalur Shinkansen.Dengan JR East Pass, kamu juga bisa mendapatkan perjalanan gratis menggunakan Joyful Trains yang unik dan lebih banyak lagi!

Pass ini berlaku untuk penggunaan selama lima hari dalam periode 14 hari setelah pembelian, yang memberikan kamu fleksibilitas dan waktu yang leluasa untuk menjelajah setiap area tanpa harus terburu-buru ke tempat berikutnya.

Buatlah pemesanan di awal secara gratis hingga satu bulan sebelum keberangkatan, dan kamu bisa mendapatkan pass kamu di Jepang atau melalui agen perjalanan terdaftar di luar negeri.

Sssttt! Pass ini 1000 Yen (~129,000 IDR) lebih murah jika kamu melakukan pembelian melalui agen perjalanan!

Hubungi setiap agen perjalanan di bawah ini untuk membeli JR EAST PASS dan naiki salah satu Joyful Trains ke destinasi kamu!

 

H.I.S Tours & Travel

H.I.S Tours & Travel
Tel: 021-5741701
Website

Wendy Tour

Wendy Tour
Tel: 021-29426820
Website

Featured image credit : East Japan Railway Company


Artikel ini dipersembahkan oleh JR East (East Japan Railway Company), dan pertama kali diterbitkan di JR Times.

The post Pionir Joyful Train: Resort Shirakami appeared first on TripZilla Indonesia.

Read More

The post Pionir Joyful Train: Resort Shirakami appeared first on PULAU NEWS.

Read More

The post Pionir Joyful Train: Resort Shirakami appeared first on SAREKAT ID.

Read More

Next Post

Jangan Kaget! Pengunjung Borobudur Dibatasi 128 Orang/Hari

Mon Mar 15 , 2021
Idealnya maksimal pengunjung Candi Borobudur sebanyak 128 orang per hariRead More The post Jangan Kaget! Pengunjung Borobudur Dibatasi 128 Orang/Hari appeared first on PULAU NEWS. Read MoreRead More The post Jangan Kaget! Pengunjung Borobudur Dibatasi 128 Orang/Hari appeared first on SAREKAT ID. Read More