Pengikisan Sungai dan Abrasi Pantai, Sarana Pendidikan dan Pemukiman Warga Pangkung Terancam

Kliknusantara.com [Dondo-Tolitoli] – Pengikisan air sungai serta sedimentasi muara sungai di Desa Pangkung Kecamatan Dondo, Kabupaten Tolitoli, pemukiman warga dan fasilitas pendidikan serta Posyandu di desa itu terancam rubuh. Keadaan itu semakin parah dengan adanya hantaman ombak yang mengakibatkan terjadinya abrasi di lokasi yang sama.

Gedung PAUD dan Sekolah DDI serta bangunan posyandu adalah fasilitas yang paling terancam saat ini. Akibat pengikisan dan penggerusan air itu, sekarang bibir sungai jarakny tersisa 5 m dari sarana sekolah dan pemukiman warga.

Tarding A Panessai, Kades Pangkung mengungkapkan kekhawatirannya kepada media ini dengan kondisi sungai yang sudah mengancam pemukiman warganya serta sarana pendidikan tersebut.

“Kalau tidak secepatnya diatasi kondisinya bisa lebih parah. Soalnya tekstur tanah di sekitar sungai berpasir dengan begitu hantaman banjir dan ombak akan mempercepat pergeseran tanah yang runtuh,” tutur Tarding A Panessai saat menerima Kliknusantara.com di Balai Desa Pangkung, Kamis (4/6/2020).

Dikatakan Tardin, kondisi itu akibat berpindahnya aliran Sungai Pangkung. Material terbawa arus dari hulu sungai saat hujan deras mengakibatkan sedimentasi di muara sungai. Tumpukan pasir itu menyebabkan beralihnya aliran sungai mendekati pemukiman warga.

“Air sungai sekarang mengalir tidak pada jalurnya dan itu membahayakan saranah sekolah dan pemukiman warga, maka kami pemerintah desa bersama warga berinisiatif mengembalikan jalur sungai ke tempat semula. Kami sudah lakukan secara bergotong royong sampai 2 kali kerja bakti namun jalurmasih susah sekali tembus ke laut,” imbuhnya….. (Abi)

35b24349cfd79c2fca67650b87d971df

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Pandemi Covid-19 Tak Halangi Prajurit Korem 091/ASN Laksanakan Samapta Periodik TA. 2020

Thu Jun 4 , 2020
Kegiatan Tes Kesegaran Jasmani Periodik I Tahun 2020 ini diikuti oleh Pamen (Pewira Menengah) TNI lingkup Korem 091/ASN KLIKNUSANTARA.COM [SAMARINDA] – Upaya meningkatkan kemampuan fisik guna mendukung kelancaran tugas pokok di satuan, Korem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN) melakukan Tes Kesegaran Jasmani (Garjas) Periodik I tahun 2020. Kegiatan ini dipusatkan di […]