Pengamat Ekonomi Pedesaan Tolitoli Apresiasi Kades Bambapun Berdayakan Nelayan

Fitriyah Astri, Pengamat Ekonomi Pedesaan Tolitoli: Apresiasi Kades Bambapun Berdayakan Nelayan

Kliknusantara, Com | TOLITOLI – Langkah Kepala Desa Bambapun, Ruslan R. Untuh mengalokasikan anggaran Dana Desa untuk pengadaan bahan rumpon bagi nelayan mendapat apresiasi dari pengamat ekonomi pedesaan di Tolitoli, Fitriyah Astri, SE., MSi.

Fitriyah yang pernah menjabat Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Madako Tolitoli itu menilai positif kebijakan mendorong pengembangan sektor ekonomi.

“Apresiasi Pemerintah Desa Bambapun dengan status desa berkembang, terus mengorek indeks ketahanan ekonomi desa menuju desa maju,” kata Fitriyah yang pernah jadi Dosen FE Umada itu kepada Kliknusantara.com via WhatsApp, Kamis (29/10/2020).

Dikatakan Fitriyah, untuk mencapai kemajuannya, desa harus berani menggalokasikan anggaran Dana Desa untuk membiayai sektor pemberdayaan masyarakat dengan kajian peningkatan kesejahteraan, peningkatan kualitas hidup dan penangulangan kemiskinan.

Tentu saja semua itu melalui mekanisme penganggaran di desa. Musyawarah desa (Musdes) menjadi forum yang dibenarkan untuk mendorong kebijakan anggaran tersebut menurutnya.

Akademisi yang juga aktif dalam kegiatan pemberdayaan itu menyarankan Kades Bambapun memanfaatkan lembaga Bumdes untuk melaksanakan kebijakan pemberdayaan ekonomi nelayan di desanya.

“Harapan ke depan, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dapat dimanfaatkan sebagai mitra nelayan. Misalnya penyediaan kebutuhan tangkap nelayan atau hasil tangkap diserahkan ke BUMDes. Jadi nelayan fokus menangkap ikan, BUMDes penjualannya,” saran Fitriyah Astri…… (Red).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Momentum Sumpah Pemud, Plt. Camat Muara Beliti: Pemuda Terus Kembangkan Diri Jadi Pemimpin Masa Depan

Thu Oct 29 , 2020
Kliknusantara.com | MUSI RAWAS – Dicky Zulkarnain S.STP., M.Si., Plt. Camat Muara Beliti mengajak pemuda khususnya pemuda Kecamatan Muara Beliti dan umumnya Pemuda Indonesia, menjadi generasi muda pemimpin masa depan. Tepat hari Rabu (28/10/2020) kemarin, bangsa indonesia memperingati hari sumpah pemuda ke-92 Tahun. Sumpah pemuda lahir 28 Oktober 1928 Silam, […]