Penerangan Malam Hari, Kades Kabinuang Anggarkan Lampu Penerangan Lingkungan Meski Bertahap

Kliknusantara.com, Kabinuang-Tolitoli | Untuk mempercantik dan menerangi lingkungan desanya di malam hari, Desa Kabinuang Kec. Dampal Utara Kab. Tolitoli, mengalokasikan anggaran untuk pengadaan penerangan lingkungan desa melalui Dana Desa tahun 2020 ini.

Kades Kabinuang, Samsyudin, mengemukakan hal tersebut saat menerima Tim Liputan Desa Membangun media Kliknusantata.com di Kantor Desa Kabinuang, Senin (14/9/2020).

Penerangan lingkungan Desa Kabinuang menurut Syamsudin menjadi sangat urgen. Bukan hanya untuk keindahan desa, tapi juga untuk menjamin suasana aman dan terhindar dari persoapan yang bisa muncul karena suasan gelap di lingkungan desa pada malam hari.

Untuk itu menurutnya, dalam rapat anggaran lalu, penerangan jalan ini menjadi agenda yang mesti diwujudkan. Hanya saja saat ini, karena suasana Covid-19, anggaran terserap pada penaganan dampak pandemi.

“Sejauh ini saya dan semua aparat Desa Kabinuang terus berupaya semaksimal mungkin agar pembangunan dalam Desa kami tetap berjalan walaupun banyaknya hal-hal lain yang harus dilakukan secara bertahap,” kata Syamsudin.

Dikatakan Kades, pihaknya terpaksa mengalokasikan anggaran secara bertahap untuk mensiasati keterbatasan anggaran. Dimana program pembangunan itu juga tetap harus diwujudkan.

“Misalnya saja untuk pengadaan Lampu Penerangan Lingkungan yang sudah kami anggarkan di tahun 2020 ini sebanyak 15 unit. Harusnya sudah siap pakai dan sudah terealisasi namun dengan adanya pandemi COVID-19 ini terpaksa betahap dulu,” tutur Kades.

Dijelaskannya, realisasi pengadaan Lampu Penerangan Lingkungan saat ini yang tersedia atau yang sudah diadakan baru sebatas Lampunya dulu. Sementara untuk kelengkapan lainnya seperti tiang dan biaya pemasangan terpaksa ditunda dulu untuk anggaran selanjutnya.

“Harapan saya, semoga Covid-19 ini cepat berlalu sehingga kami bisa kembali menjalankan program prioritas yang sudah ada dan melaksanakan pembangunan-pembangunan infrastruktur yang tertunda‚Ķ(FH)

35b24349cfd79c2fca67650b87d971df

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Desa Basi Kembali Prioritaskan Agenda Yang Terpending Karena Pemenuhan BLT DD Tahun Ini Dalam RKP Des 2021

Mon Sep 14 , 2020
Kliknusantara.com, Basi-tolitoli | Pemerintah dan masyarakat Desa Basi Kecamatan Basidondo kembali memprioritaskan beberapa agenda pembangunan desa yang terpending tahun 2020 dikarenakan adanya pergeseran anggaran untuk penanggulangan dampak Covid-19 dalam bentuk bantuan langsung tunai +BLT) Dana Desa. Hal itu terungkap melalui RKP Desa Basi yang dilaksanakan pada tanggal 5 September 2020 […]