Pemerintah Desa Ogolali Targetkan Rumah Warga Seluruhnya Miliki Jamban Keluarga

Kliknusantara.com | DAMPAL UTARA – Pemerintah Desa Ogolali targetkan seluruh rumah warganya miliki jamban keluarga. Untuk itu diupayakan untuk terus meningkatkan pemahaman dan pengetahuan warga terkait pembangunan jamban tersebut.

Kepala Desa Ogolali melalui Sekretaris Desanya mengemukakan bahwa sosialisasi program jamban keluarga itu bagian yang termasuk dalam materi sosialisasi kesehatan lingkungan yang menghadirkan petugas kesehatan kecamatan Dampal Utara pada Selasa (19/1) kemarin.

“Ini juga termasuk tujuan sosialisasi di Ogolali yang di laksanakan kemarin untuk mensukseskan pembangun jamban keluarga hingga 100% rumah penduduk di wilayah Desa Ogolali memiliki jamban keluarga,” beber Burhanuddin kepada awak media ini Selasa malam.

Dikatakan Burhanuddin, soal jamban keluarga menjadi sangat urgen du Desa nya mengingat masih banyak warga yang terbiasa membuang hajat di sungai dan tempat-tempat lainnya.

Hal itu jelasnya tentu berpotensi menyebabkan lingkungan yang kurang sehat dan nantinya berimplikasi pada kebersihan dan kesehatan warga.

Meski demikian, pihak pemerintah Desa menyadari kondisi kemampuan ekonomi warga masih belum memadai untuk bisa memenuhi sendiri kebutuhan bangunan jamban tersebut. Masih diperlukan intervensi pemerintah untuk mendorong hal itu.

Upaya menyadarkan masyarakat pentingnya jamban itu terus dilakukan agar ketika bangunan jamban itu jadi, dapat difungsikan dan dirawat. Dengan demikian akan dapat terwujud Desa Ogolali yang bersih dan sehat lingkungan dan sehat warganya.

“Kami selaku Pemerintah Desa berharap melalui sosialisasi ini warga lebih memahami pentingnya pola hidup bersih dan sehat (PHBS) serta menerapkan di kehidupan sehari hari,” ujar Burhanudin…… (Aby)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Danrem ASN Lepas Rombongan Bantuan Kemanusiaan ke Kalsel

Thu Jan 21 , 2021
Kliknusantara.com | TANA PASER – Danrem 091/ASN Brigjen Cahyo Suryo Putro, S.I.P., M.Si didampingi Kapenrem 091/ASN Mayor Arh Azrul Aziz memimpin langsung pelepasan rombongan bantuan kemanusiaan untuk korban bencana banjir Kalimantan Selatan. Pelepasan tersebut berlangsung di Makodim 0904/Tanah Grogot (TNG) Kabupaten Paser dari jajaran Komando Resor Militer (Korem) 091/ASN, Rabu […]