Pemerintah Desa Bambapun Prioritaskan Tiga Program Pemulihan Ekonomi Masyarakat

Ruslan R. Untuh, Kepala Desa Bambapun Kecamatan Dondo, Tolitoli, Sulawesi Tengah

Kliknusantara.com | DONDO – Pemerintah Desa Bambapun prioritaskan Tiga Program dalam upaya pemulihan ekonomi masyarakat di Tahun 2021. Pemulihan ekonomi itu sebagai bagian dari upaya penanggulangan dampak pandemi covid-19.

Tiga program tersebut meliputi program padat karya tunai, optimalisasi pertanian, perkebunan dan kelautan. Berikutnya adalah Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa.

Hal itu dikemukakan Ruslan R. Untuh saat menerima awak Liputan Desa Membangun di kantor nya Pada Rabu (20/10/21) pagi. Menurutnya, situasi akibat dampak Covid- 19 mengharuskannya fokus pada pemulihan ekonomi masyarakat.

Dijelaskan Ruslan mengenai padat karya tunai, terkait dengan pekerjaan pembangunan yang dapat dilakukan secara bersama-sama oleh warga sehingga dapat menerima upah langsung.

“Kami akan memilih pekerjaan yang membutuhkan pekerja yang banyak dengan begitu warga bisa mendapatkan haknya atau upah sebagai pekerja. Itu dapat meringankan beban ekonomi rumah tangganya,” beber Ruslan.

Langkah selanjutnya kata Kades ini, pengembangan sektor pertanian, perkebunan dan juga kelautan. Hemat dia, seyogyanya melalui pengembangan sektor ini, ekonomi warga pastinya dapat mengalami peningkatan signifikan.

“Kita pahami bersama Bambapun memiliki lahan pertanian dan perkebunan tapi untuk memanfaatkan lahan tersebut saat ini butuh bantuan dari Pemerintah Desa,” terangnya.

Sementara untuk program yang ketiga prioritas menurut Ruslan R Untuh, yaitu, penyaluran BLT untuk masyarakat miskin dan atau yang terdampak langsung pandemi covid-19. BLT untuk kategori ini talah ada ketentuannya dari Kemendes PDTT.

“Kami berharap dari tiga upaya ini dapat meningkatkan dan memulihkan perekonomian warga Bambapun dan terbebas dari ganasnya pandemi covid -19 yang muncul di tahun 2019 yang tidak jelas kapan akan berakhir,” imbuhnya….. (Aby).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Selain BLT DD, Pemerintah Desa Salumbia Prioritaskan Penataan Lapangan Sepak Bola

Thu Jan 21 , 2021
Kliknusantara.com | DONDO – Selain memprioritaskan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa, Pemerintah Desa Salumbia Kecamatan Dondo, Tolitoli, agendakan penataan Lapangan sepak bola. Disamping itu, diagendakan juga pembenahan jalan kuburan sekaligus jalan menuju lokasi wisata udang merah. Tiga program tersebut merupakan agenda prioritas Pemerintah Desa Salumbia. Hal itu disampaikan Kepala […]