Peduli Dan Resfonsif Terhadap Warga Terdampak Covid-19, Kades Kongkomos Tambah Penerima BLT


KLIKNUSANTARA.COM [Kongkomos-Tolitoli] Peduli dan bertindak cepat merespon keinginanan warganya, Kades Kongkomos bersama mitranya, BPD selenggarakan musyawarah desa (Musdes) khusus terkait penambahan penerima BLT Dana Desa di Balai Desa Kongkomos Senin (1/6/2020).


Musdes khusus itu dihadiri Pendamping Lokal Desa (PLD), Suriani, Ketua BPD dan anggota, para perangkat desa, para ketua RT dan perwakilan lembaga desa Kongkomos.


Menurut Kades Kongkomos, langkah ini dilakukan mengingat adanya beberapa orang warganya yang belum tercover bantuan sosial meski termasuk layak menerima bantuan. Bahkan menurutnya, sudah masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

“Sudah diusulkan lewat dinas sosial melalui Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) namun namanya tidak muncul dalam daftar penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) yang sudah dicairkan kemarin lewat kantor pos,” kata Kades Moh. Nur dalam rilis beritanya yang diterima Redaksi.

Nama-nama tersebut, lanjut Kades, dalam Musdes penetapan penerima BLT sebelumnya, tidak dimasukkan dalam daftar penerima.

Selain itu, hal yang juga menjadi pertimbangan diadakan musdes khusus, yakni adanya beberapa warganya yang baru saja terpapar dan pulih dari Covid 19. Mereka ada yang sempat menjalani karantina di SKB Tolitoli. Adabjuga yang dikarantina mandiri di rumah.

“Selama mereka dikarantina, secara psikologis tentu mengalami kondisi kejiwaan yang berat, termasuk pihak keluarganya sendiri. Apalagi dua diantaranya masih berstatus pelajar dan mahasiswa sehingga sangat layak menerima bantuan,” terangnya.


Masih menurut keterangan Kades, pertimbangan lainnya dengan adanya wargabyang luput dari pendataan, meski jumlahnya sangatlah sedikit

“Dengan pertimbangan tersebut, lanjutnya, setelah dihitung dan dievaluasi data warga yg layak menerima bantuan jumlahnya masih terdapat 10 orang,” ungkapnya.


Dari 10 org tersebut, dari DTKS berjumlah 5 orang, korban Covid 3 orang dan warga yang memiliki penyakit kronis/ menahun sebanyak 2 org.


Data peberima sebelumnya 71 orang. Dari jumlah itu 1 orang ditarik karena menerima bantuan dua kali. Ia telah menerima perluasan sembako. Oleh karenabitu, total data terakhir penerima BLT-DD menjadi 80 orang.

Kades menjelaskan, data 10 orang ini yang disepakati dan ditetapkan dalam Musdes khusus kemarin menjadi data tambahan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BLT DD…… (Redaksi).

35b24349cfd79c2fca67650b87d971df

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Ucapan Terimakasih Atas Dedikasi dan Pengabdian AKBP. Hendro Purwoko, SIK., MH., Memimpin Polres Tolitoli

Tue Jun 2 , 2020