Pasca Pandemi, Babinsa Herry Tekankan Agar Peternak Ayam Selalu Jaga Kebersihan

Kliknusantara.Com | PENAJAM_KALTIM – Dalam rangka meminimalisir pencemaran lingkungan dan membantu program pemerintah dengan ketahananan pangan di bidang peternakan, Babinsa Koramil Penajam Serda Herry melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) bersama Syahruddin selaku pemilik peternakan ayam boiler yang bertempat di JL Pondok Kessi Rt 09 Kelurahan Tanjung Tengah Kecamatan Penajam Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Provinsi Kaltim, Selasa (25/08/2020)

Dalam keterangannya yang di sampaikan ke awak media Babinsa Serda Herry menyampaikan,“Tidak hanya manusia saja yang menginginkan rumah yang nyaman, kesehatan kandang ayam juga harus dibuat nyaman agar ayam tidak stress dan dapat berproduksi dengan optimal,”.

Lanjut Babinsa, kenyamanan kandang didapatkan ayam dari ketepatan pengaturan suhu dan kualitas udara, kelembapan, cahaya yang masuk, ketersediaan air dan pakan, serta segala jenis keamanan yang dapat menghindari ayam dari bahaya utama yang dapat mengancam kelangsungan hidup ayam, sehingga dapat menghasilkan produksi yang berkualitas dan melimpah,” Ucapnya.

“Budidaya ayam potong sebenarnya bisa di bilang susah-susah gampang karena kandang tidak boleh berada di lokasi pemukiman dan harus ulet dalam penanganannya serta ayam tidak bisa kena stress,” ujarnya.

Menurutnya dalam berternak ayam harus diperhatikan perawatan, pemberian pakan yang rutin, hingga kebersihan kandang ayam yang harus terjaga serta obat obatan untuk kesehatan pada ayam agar terhindar dari pada jenis penyakit.

Ini merupakan suatu wujud kepedulian TNI terhadap kesulitan masyarakat yang berada diwilayah teritorial dan bertujuan untuk membantu meningkatkan kesejateraan warga agar dapat meningkatkan penghasilannya dengan cara berternak ayam.

Sumber Penrem 091/ASN

35b24349cfd79c2fca67650b87d971df

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Lahan Tandus Kampung Cikadu, Koramil 1905/Jatiluhur Sosialisasikan BIOS 44 DC

Tue Aug 25 , 2020
Kliknusantara.com|Purwakarta_Jabar – Koramil 1905/Jatiluhur – Kodim 0619/Purwakarta dalam rangka mempertahankan ketersediaan pangan sesuai dengan program Kodam III/Siliwangi berupaya tanam tanaman Jagung dengan menggunakan Pupuk Herbal BIOS 44 DC. Penyemprotan tanah tandus seluas 600m di Kampung Cikadu Rt 01/01 Desa Kadu Mekar Kecamatan Babakan Cikao dilakukan oleh anggota Koramil 1905/Jatiluhur bersama […]