Pasca Gempa dan Tsunami Pasigala, Jalur Trans Sulawesi Di Desa Ujuna Terendam Air Laut Saat Pasang

Kliknusantara.Com [Donggala–Sulteng] – Jalan Poros Trans Sulawesi tepatnya di Desa Ujuna Kecamatan Sirenja Kabupaten Donggala Sulawesi Tengah, selalu terendam dan tenggelam apa bila air laut sedang Pasang. Seperti halnya pada Kamis (6/8/2020) 07.00 Wita

Kondisi ini terjadi setiap bulan bila air laut posisi Pasang. Badan jalan pasti akan terendam. Tidak hanya itu air laaut itu juga merendam rumah-rumah penduduk sekitarnya.

Fenomena ini terjadi setelah Gempa dan Tsunami pada Tahun 2018 silam. Warga menuturkan bahwa sebelum Gempa dan Tsunami yerjadi,

“Sebelumnya tidak pernah terjadi seperti ini,” tutur Hadi (52), salah seorang warga masyarakat Desa Ujuna yang sedang berada di lokasi kejadian.

Bila air laut lagi pasang akan terjadi antrian kendaraan roda dua maupun roda empat. Pengguna jalan enggan menerobos jalur tersebut ketika air naik. Pasalnya air tersebut bukanlah air tawar, melainkan air laut yang mengandung garam. Kendaraan segera berkarat olehnya.

Namun demikian, untuk kendaraan roda dua ada alternatif lain bila tidak ingin mengantri menunggu air surut. Cukup menyewa gerobak tarik yang ada di lokasi tersebut untuk memuat motor dengan tarif Rp. 10.000/motor bahkan sekalian dengan pemilik motor ikut naik dan menyebrang.

“Hal seperti ini terjadi semenjak dari tahun 2018 dan Alhamdulillah ini bisa kami manfaatkan sebagai kerja sampingan bila air laut lagi pasang ungkap salah seorang penarik gerobak yang enggan disebut namanya……(FH)

35b24349cfd79c2fca67650b87d971df

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Peduli Pendidikan, Koramil 1906/Sukatani Bantu Sediakan WIFI Gratis Untuk Bantu Siswa Sekitar

Fri Aug 7 , 2020
Kliknusantara.Com, Purwakarta – Jabar | Dikalangan pelajar dalam masa pendemik covid-19, para pelajar harus belajar dirumah secara online. Dengan maksud mengantisipasi penyebaran wabah Pendemi covid-19 dikalangan pelajar. Kepedulian TNI melihat kondisi dilapangan bergegas melalui Koramil 1906/ Sukatani Menyiapkan wifi gratis kpd pelajar di sekitar kec Sukatani yg kesulitan mendapatkan jaringan […]