Panen Meningkat, Petani Jagung Tak Punya Lantai Jemuran, Begini Respon Kades Kongkomos


Kliknusantara.Com [Kongkomos-Tolitoli] – Selama setahun terakhir ini, produksi jagung di Desa Kongkomos terus mengalami peningkatan. Ini terlihat makin tersebarnya hamparan jemuran jagung di tiap-tiap halaman rumah warga maupun di sepanjang pinggiran jalan.

Beberapa orang petani yang dihubungi media ini, mengaku kalau tahun ini memiliki luas dan panen jagung yg meningkat.

Ruslan, misalnya, warga Dusun Alisang Desa Kongkomos mengaku telah selesai memanen jagungnya sebanyak 3 ton. Itu belum termasuk yang masih kecil.

Senada dengan Ruslan, La Made, salah seorang petani lainnya juga mengungkapkan hal yang sama. Dekikian pula dengan Karim, Mustafa, Kasno dan Salum. Mereka semua memiliki panen yang melimpah jika dibandingkan tahun lalu.

Seiring dengan meningkatnya hasil panen jagung di Desa Kongkomos, justru para petani menghadapi kendala dengan tempat jemuran hasil panen mereka. Hal itu diperparah dr dengan datangnya musim hujan saat ini.

Tempat mereka menjemur hasil panen di bahu jalan kini tak lagi memadai dengan hasil panen yang menagalami peningkatan secara signifikan.

Menanggapi situasi itu, Kades Kongkomos, Drs. M Nur yang dihubungi media ini mengakui keadaan warganya yang petani jagung. Ia membenarkan kendala dan kesulitan yang dihadapi warganya itu mengaku tengah berupaya mencari solusi.

Kades pun mengaku sudah menyampaikan kepada ketua kelompok tani untuk segera membuat proposal dengan menyiapkan lokasi tempat jemuran yang siap dihibahkan untuk pembuatan penjemuran.

Hal itu juga sudah dikoordinasikan kepada pihak PPL untuk dapat membantu mengatasi kendala yang dihadapi petani jagung.

“Belajar dari situasi saat ini, saya akan mengagendakan tahun depan untuk pengusulan lantai jemur di anggarn desa,” tandas M Nur, Kades Kongkomos saat dihubungi media ini, Minggu pagi (5/7/2020).

Untuk sementata, para petani menggunakan lahan kosong terbuka untuk jemur hasil panennya. Termasuk menggunakan lapangan volley dan takraw…….(****).

35b24349cfd79c2fca67650b87d971df

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Kades Luokmanipi Apresiasi Sosialisasi KPU Terkait Tahapan Pilkada Langsung 2020

Sun Jul 5 , 2020
Rusdin K Panessai, Kades Luokmanipi, Kecamatan Dondo Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah. Kliknusantara.Com [Dondo-Tolitoli] – Kegiatan sosialisasi tahapan Pilkada Langsung 2020 oleh KPU Tolitoli di kecamatan dondo pada kamis (2/7/2020) belum lama ini diapresiasi Kades Luokmanipi, Kecamatan Dondo, Rusdin K. Panessai. Kegiata itu menurut Sang Kades, sangat membantu dan membuka pemahaman […]