Normalisasi Sungai, Warga Kayulompa Nantikan Respon BPBD Tolitoli

Normalisasi Sungai, Warga Kayulompa Nantikan Respon BPBD Tolitoli

Kliknusantara.com |KAYULOMPA – Dampak hujan deras pada Kamis (15/10/2020) yang mengguyur desa kayulompa dan meluapkan Sungai Cingkuan Desa Kayulompa masih dicemaskan warga.

Dampak dari luapan tersebut Sungai Cingkuan pindah jalur. Sasarannya, Jalan Trans Sulawesi yang sudah terancam putus serta rumah warga juga terancam hanyut oleh banjir.

Selain itu, perkebunan warga tak luput dari hantaman banjir. Kini kondisinya banyak yang rusak, terutama di dusun Lugus.

Menurut Kasim, salah seorang warga dusun lugus desa kayulompa saat berbincang dengan awak Desa Membangun dari media ini pada Senin (19/10/2020) di Desa Kayulompa mencemaskan kondisi terjangan air banjir yang terjadi beberapa hari lewat itu.

“Sungai pindah jalur sejak banjir pada kamis malam lalu sasaranya rumah-rumah warga yang ada di Dusun Lugus. Perkebunan akan lebih banyak yang rusak. Parahnya lagi jalan trans Sulawesi terancam putus,” katanya.

Lanjut Kasim, “air yang mengalir ke jalur sungai sebenarnya sudah mulai berkurang, lebih banyak mengalir ke jalur yang baru melewati rumah warga serta perkebunan warga”.

“Dengan kondisi seperti ini sangat berbahaya bagi warga yang tinggal di area jalur sungai yang baru apalagi di musim penghujan,” keluhnya.

Menyinggung adanya bantuan penanganan dati pihak pemerintah Kabupaten Tolitoli, Kasim mengatakan sejak sungai pindah jalur belum ada penanganan dari Pemerintah Kabupaten.

Kasim pun selaku warga sangat berharap kepada BPBD Tolitoli agar menangani secepatnya dengan menurunkan alat berat untuk mengembalikan alur sungai ke jalur sebelumnya……(Abi).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Tekan Angka Golput, KPU Tolitoli Sosialisasikan Pilkada Secara Masif

Wed Oct 21 , 2020
Kliknusantara.com | TOLITOLI – KPU Tolitoli terus melakukan kegiatan sosialisasi agar masyarakat dapat menggunakan hak suaranya. Dan juga sosialisasi mengenai Pilkada Tolitoli secara masif yang bertujuan untuk menekan angka golongan putih (Golput). Anggota KPU Tolitoli, Muhadir, mengatakan kegiatan sosialisasi dilakukan di Kecamatan dan dijelaskan tahapan-tahapan Pilkada Tolitoli ke seluruh kalangan […]