Nihil Perhatian Hingga Berulangkali Diterjang Banjir, Jembatan Ogowele Akhirnya Ambruk Total

Kliknusantara.Com, Ogowele-Tolitoli | Jembatan Ogowele Kecamatan Dondo yang telah berulangkali ditangani pemerintah desa dan warga Ogowele karena miring diterjang banjir. Akhirnya, akibat banjir pada Rabu (9/9/2020) sekitar pukul 16 sore jembatan Ogowele ambruk total.

Sisi barat jembatan jatuh ke sungai dan aliran sungai pun bepindah dan menggerus timbunan jembatan yang dibuat warga pada banji sebelumnya. Jembatan kembalikan putus dan tak dapat di lalui baik kendaraan maupun pejalan kaki.

Penuturan warga setempat, sejak beberapa kali banjir, belum ada penanganan langsung dari pemerintah kabupaten Tolitoli. Hanya Kades bersama warga yang turun tangan.

Menurut para warga, kalau jembatan ambruk ini di biarkan begitu saja akan berakibat patal nantinya karena posisinya sudah menutup alur sungai dan sebabkan sungai pindah jalur. Dampaknya akan menimpa rumah-rumah warga.

Kades Ogowele, Mapri H. Baribi yang dikonfirmasi hal itu, membenarkan kondisi jembatan yang sudah ambruk itu. Pihaknya berusaha berkoordinasi dengan semua pihak. Bahkan masih sebelum banjir terakhir kemarin, pihaknya terus berusaha mendapatkan atensi dari kabupaten.

“Sejak lalu itu. Belum juga dapat respon, sudah datang lagi banjirnya. Ini sudah betul-betul di luar kemampuan saya pak,” ujar Mapri.

Jembatan Ogowele memiliki posisi penting karena menjadi tumpuan iga desa di Kecamatan Dondo. Dari paling ujung ada Desa Anggasan, Desa Ogowele Buga dan Desa Ogowele sendiri.

Atas ambruknya jembatan itu, warga harus berputar haluan melalui jalan berbatu sekitar 7 Km. Demikian pula hasil kebun warga tidak bisa lagi melalui jalur tersebut dan harus melalui jalur alternatif dari Desa Malomba. .. .. (Abi).

35b24349cfd79c2fca67650b87d971df

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Lanal Tolitoli Laksanakan Ziarah Di TMP Galang Dalam Rangka HUT TNI Angkatan Laut Ke-75

Thu Sep 10 , 2020
Kliknusantara.com, Tolitoli-Sulteng | Lanal Tolitoli melaksanakan kegiatan Ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Jl Kalangkangan Kab Tolitoli dalam rangka HUT ke-75 TNI-Angkatan Laut tahun 2020. Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Tolitoli (Lanal Tolitoli), melaksanakan kegiatan Ziarah di TMP dan dikikuti oleh seluruh Perwira, Bintara dan Tamtama dengan melakukan Upacara dan […]