Menyalahi Aturan, Satpol PP Tolitoli Tertibkan 500 Alat Peraga Kampanye

Kepala Satpol-PP Tolitoli, Samsu M. Saleh: Menyalahi Aturan, Satpol PP Tolitoli Tertibkan 500 Alat Peraga Kampanye

Kliknusantara.com |TOLITOLI – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Tolitoli bersama Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tolitoli melakukan penertiban alat peraga kampanye (APK) di Kecamatan Baolan.

Kepala Satpol PP Kabupaten Tolitoli, Samsuh M Saleh, mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk dukungan kepada Bawaslu. Menurutnya, penertiban APK akan dilakukan sampai dengan hari tenang pemilu dengan menyasar seluruh Kecamatan di Kabupaten Tolitoli.

“Oktober ini kita menyasar kelurahan di Kecamatan Baolan. November kita jadwalkan di Kecamatan Galang dan Kecamatan Dakopemean, dan Desember kita lakukan penertiban di Kecamatan Lampasio,” tutur Samsuh.

Menurut dia, berdasarkan data inventaris pelanggaran APK dari Bawaslu Kabupaten Tolitoli, ada sekitar kurang lebih 500 APK yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Tolitoli, yang melanggar regulasi dalam Pemilu.

“Jumlah tersebut tidak menutup kemungkinan terus bertambah setiap harinya. Selain itu, kita juga mendasarkan peraturan Daerah, Perda. Jika melanggar Perda meski tidak melanggar regulasi dalam pemilu tetap kita tertibkan,” ungkap Dia.

Dari data yang diterima, tambah Samsuh, mayoritas jenis pelanggaran yang paling banyak ditemukan adalah pelanggaran pemasangan seperti menempelkan APK di pohon dengan menggunakan paku, serta memasang APK di fasilitas umum seperti tiang listrik dan tiang telekomunikasi.

“Barang bukti yang kita amankan akan dilakukan pendataan dan selanjutnya kita serahkan kepada Bawaslu. Karena kewenangan itu ada di Bawaslu,” kata Samsuh. (AN34)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Kadis PU CKTR Musi Rawas: Lampu Penerangan Jalan Desa Salah Satu Prioritas 2021

Wed Oct 21 , 2020
Kliknusantara.com | MUSI RAWAS – Pemerintah Daerah Kabupaten Musi Rawas tetap konsisten akan memprioritaskan Pemasangan Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) di desa-desa yang ada di Kabupaten Musi Rawas. Sampai saat ini, Pemkab Musirawas melalui Dinas PU Cipta Karya Tata Ruang dan Pengairan (CKTRP) Kabupaten Musirawas masih terus melakukan pemasangan lampu […]