Menanam Kopi Digandrungi Warga Dusun Salusupande Desa Ogomatanang

Kliknusantara.Com | Ogomatanang_Tolitoli – Dari Empat Dusun yang ada di Desa Ogomatanang, salah satunya Dusun Salusupande yang kini warganya lagi gemar tanam kopi. Kegemaran menanam kopi itu muncul dikarenakan hasil dan harganya sangat menjanjikan.

Hal itu dikemukakan Latolo, salah seorang petani kopi warga Dusun Salusupande kepada media Kliknusantara baru-baru ini. Menurutnya, kopi sangat berpotensi untuk di kembangkan guna meningkatkan perekonomian warga di Dusun Salusupande apalagi di masa pandeni saat ini.

“Di dusun ini ada beberapa potensi pertanian yang sudah di kembangkan oleh warga namun sekarang hampir semua warga Salusupande lagi gemar tanam kopi,” tutur Latolo.

Bagi Latolo dan warga lainnya, kopi termasuk tanaman yang gampang dirawat serta hasil dan harganya sangat menjanjikan. Hanya butuh waktu setahun sudah dapat berproduksi.

Ada kopi jenis kopi yang ditanam adalah jenis Kopi Lampung. Jenis ini dalam pandangan mereka sangat cepat pertumbuhannya. Menurutnya, iklim dan jenis tanah juga cocok buat tanaman kopi tersebut.

Pantauan media ini, kopi yang sudah ditanam warga sebagian besar masih pada tahap pertumbuhan. Adapun yang sudah produksi masih sangat sedikit. Masih bisa dihitung jari.

Salah satu yang sudah berhasil adalah Andi Patte. Sosok petani datu ini sudah berhasil dan jadi contoh buat warga lain. Keberhasilan Sndi patte menyemangati warga lainnya untuk lebih giat lagi tanam kopi….(Abi).

35b24349cfd79c2fca67650b87d971df

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Kabaharkam Polri Pimpin Apel Kesiapsiagaan Satgas Relawan Karhutla dan Covid-19 Provinsi Riau

Tue Aug 25 , 2020
Kliknusantara.Com | PEKANBARU – Kabaharkam Polri Komjen Pol Agus Andrianto hari ini Selasa (25/8/2020) memimpin langsung apel kesiapsiagaan satgas relawan karhutla dan covid-19 di Provinsi Riau di Lapangan Purna MTQ Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru. Apel kesiapsiagaan sendiri sebagai upaya mencegah sedini mungkin terjadinya kebakaran hutan dan lahan yang sering terjadi […]