Hari Bhayangkara

Libatkan Warga Desa Pattimang, Mahasiswa KKN Reguler Unanda Gelar Seminar Smart Village

$rows[judul] Keterangan Gambar : Mahasiswa KKN Reguler Unanda Posko 1 Desa Pattimang, Malangke Luwu Utara saat seminar Smart Village bersama warga Desa Pattimang.
LUWU UTARA, KLIKNUSANTARA.COM | Mahasiswa KKN Reguler Unanda gelar seminar Smart Village. Seminar itu dalam rangkah realisasi program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler oleh Mahasiswa Universitas Andi Djemma Palopo Angkatan XXVII Tahun
2023.

Seminar tersebut libatkan warga Desa Pattimang sebagai peserta yang berpartisipasi aktif. Kegiatan seminar program kerja yang di adakan oleh kelompok mahasiswa KKN Posko 1 dan 2 Desa Pattimang Kecamatan
Malangke, Luwu Utara.

Seminar bertema, “SMART VILLAGE”, diangkat sebagai bentuk penguatan kapabilitas dan partisipatif masyarakat
dalam pengelolaan sumberdaya desa yang efektif dan berkelanjutan. 

Koordinator Posko 1 Desa Pattimang, Afdal, mengatakan bahwa inisiatif mengangkat tema tersebut merupakan respon atas situasi lapangan di desa Pattimang yng menjadi tempat melaksanakan KKN. 

"Banyak potensi desa Pattimang yang dapat diangkat sebagai keunggulan desa, hanya dibutuhkan peningkatan kapasitas dan partisipasi semua masyarakat dan semua pihak untuk menggali potensi itu. Inilah alasan kami mengangkat tema ini," ungkap Afdal di lokasi seminar di aula kantor desa Pattimang, kecamatan Malangke, Luwu Utara, kepada awak media ini, Jumat (20/10/2023).

Peserta KKN-R Unanda dari 2 posko sebanyak 19 orang mahasiswa. Mereka yang menjadi bagian penting dalam menyusun program kerja untuk daerah tersebut.

Pantauan media ini di lapangan, seminar program kerja mahasiswa KKN tersebut berjalan lancar tanpa ada hambatan. Hal itu di akui Afdhal karena berkat kerja sama dan kepedulian semua pihak yang terlibat.

Afdal, selaku koordinator Posko Desa Pattimang 1 menyampaikan rasa terima kasih atas partisipasi dan dukungan yang diberikan oleh masyarakat Desa Pattimang.

Acara di tutup dengan semangat tinggi
dan komitmen untuk terus bergerak bersama guna mencapai kesejahteraan bersama di Desa Pattimang.

Kegiatan ini menjadi bukti nyata bahwa mahasiswa KKN-R Unanda dan masyarakat Pattimang memiliki tekad yang kuat untuk bekerja sama demi kemajuan daerah mereka.

Semoga program kerja yang telah di susun dapat terealisasikan dengan sukses dan memberikan manfaat yang signifikan bagi seluruh warga desa pattimang.

Kepala desa pattimang (Andi Sumarni) Menyampaikan apresiasi dan dukungan
terhadap program kerja yg telah di presentasekan. Ia berharap semangat dan kebersamaan dalam menjalankan program kerja ini akan terus terjaga sehingga mampu mendorong kemajuan dan kesejahteraan bagi masyarakat desa Pattimang.

"Merupakan suatu kehormatan bagi saya dan jajaran, sudah sekitar 9 tahun saya
menjabat sebagai Kepala Desa Pattimang, baru kali ini ada seminar yang di adakan oleh anak-anak ku KKN Unanda yang di hadiri oleh Dosen Pembimbing Lapangan," ungkap Andi Sumarni selalu Kepala Desa Pattimang. 

Menurut Kepala Desa, seminar itu sangat bermanfaat. Sehingga nantinya menjadi tanggung jawab semua pihak, termasuk dirinya selaku Kepala Desa. 

"Program yang di susun oleh anandaku KKN Unanda merupakan tanggung jawab kita bersama dan tidak membebankan kepada mahasiswa KKN. Anak-anakku gagal, maka kami juga
gagal," tandasnya.

Sementara itu, Wakil Rektor 3 Unanda, Ir Hasbi, ST., MSP., IPM., saat dikonfirmasi terkait kegiatan seminar Smart Village tersebut, mengapresiasi langkah mahasiswa dan KKN dan dosen pembimbing lapangannya. 

"Itu sangat kami apresiasi langkah mahasiswa KKN dan Dosen Pembimbing Lapangan yang menyelenggarakan seminar dan melibatkan warga. Jelas itu kegiatan ril mendekatkan warga dengan dunia kampus, dalam hal ini Unanda sebagai bentuk pengabdian masyarakat sebagaimana Tridharma Perguruan Tinggi," Terang WR 3 yang juga Plt Dekan FT Unanda ini...(Rehan)

Tulis Komentar

(Tidak ditampilkan dikomentar)