Lebih Dekat Dengan Sumsel (2): Musi Rawas Di ‘Muara Beliti’

Musi Rawas di Muara Beliti

Kliknusantara.com | Musi Rawas – Salahsatu daerah tujuan kunjungan Redaktur kliknusantara di Sumatera Selatan adalah Kabupaten Musi Rawas Provinsi Sumatera Selatan.

Ibu kota Musi Rawas yang jadi pusat pemerintahan adalah Muara Beliti. Kota ini adalah kota lama yang direkonstruksi menjadi kota pemerintahan dan kebudayaan yang tertata rapi dan asri.

Waktu jarak tempuh dari Kota Palembang sekitar 7 hingga 8 jam perjalanan darat. Musi Rawas dapat dijangkau melalui Dua jalur yaitu lintas tengah Muara Enim dan jalur barat melalui Muba (Sekayu).

Lambang Musi Rawas

Didampingi Zainuri, Kepala Biro Media Kliknusantara.com di Kabupaten Musi Rawas, rombongan yang terdiri dari Pemred, Kepala Perwakilan Sumsel, Sardiman dan Kepala Biro Palembang, Agusman, menyusuri jalur utama ibu kota baru Musi Rawas. Sepanjang perjalanan Tokoh LSM dan Pers Musi Rawas ini memaparkan banyak hal mengenai daerahnya.

Tampak bangunan pemerintahan, Kantor Bupati, DPRD, Mapolres, Masjid Agung, Taman Kota tertata dengan apik. Konon cerita, sentuhan tangan dingin Kadis PU CKTR Musi Rawas yang dipasang Bupati Hendra Gunawan sebagai salah seorang yang berada di balik itu.

Bersama Zainuri di Kantor FKWM

Keindahan dan suasana kota yang asri dan sejuk seolah tak mau melepas kepergian rombongan dari Bumi Lan Serasan Sekentenan itu. Sayangnya waktu yang terbatas memaksa meninggalkan kabupaten Musi Rawas.

Meski waktu singkat, setidaknya perbincangan dan diskusi semalaman bersama Kawan Zainuri, demonstran pembela buruh yang jadi Ketua Forum Komunikasi Wartawan Musi Rawas (FKWM) itu, banyak kisah dan cerita terkait Musi Rawas yang terungkap.

Mulai dari soal hubungan kerja buruh dan perusahaan perkebunan, pemerintahan, keamanan, sosial budaya hingga kehidupan jurnalistik.

Di kediaman Bung Zainuri dan keluarga di Desa Rantau Bingi

Terkait wilayah, secara umum wilayah Kabupaten Musi Rawas memiliki topografi yang beragam. Terdiri dari dataran rendah hingga dataran tinggi. Ketinggian wilayah kabupaten ini berkisar antara 25- 1000 meter di atas permukaan laut.

Kabupaten Musi Rawas banyak berkembang perusahaan perkebunan, khususnya perkebunan karet.

Karet pendukung perekonomian masyarakat pada umumnya. Baik yang tumbuh alami dan taanaman rakyt, juga tanaman karet perkebunan oleh perusahaan.

Mengenal Musi Rawas lebih jauh daerah ini sudah dikenal sejak jaman kolonial. Awalnya Kabupaten Musi Rawas termasuk dalam wilayah keresidenan Palembang (1825-1966).

Kini Musi Rawas dipimpin Bupati H. Hendra Gunawan sebagai Kepala Daerah yang ke 19…….. []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Dikunjungi LaNyalla, Pengusaha Rokok Keluhkan Cukai Tinggi Dan Rokok Ilegal

Sat Oct 24 , 2020
Kliknusantara.com MALANG – Penerapan protokol kesehatan selama pandemi Covid-19 di lingkungan industri menjadi perhatian serius Senator asal Jawa Timur AA LaNyalla Mahmud Mattalitti. Selain untuk kepentingan kesehatan tenaga kerja, juga agar pabrik dapat terus beroperasi. Dalam rangkaian reses di Kota dan Kabupaten Malang, LaNyalla menyempatkan melihat secara langsung kondisi karyawan […]