Kunjungan Redaktur: Lebih Dekat Dengan Sumatera Selatan (1)

Foto: Jembatan Ampera Sungai Musi Palembang: Lebih Dekat Dengan Sumatera Selatan

Kliknusantara.con | SUMATRA SELATAN – Mengenal lebih dekat Provinsis Sumatera Selatan (Sumsel) melalui Kunjungan Redaktur Kliknusantara.com 12 – 16 Oktober 2020 di Pulau Sumatera.

Perjalanan darat dari Jajarta menjadi pilihan alternatif Pemimpin Redaksi nenuju ke salah satu Provinsi di wilayah Sumatera Bagian Selatan tersebut.

Perjalanan yang di pandu Google Map itu, menembus kepadatan jalur tol inu kota untuk sampai di ujung Pulau Jawa di penyeberangan Selat Sunda, Merak, Banten.

Penyeberangan dengan Kapal Feri ditempuh dalam waktu 90 menit untuk sampai di dermaga Bakauheni. Tiba di Pintu Gerbang Timur Pulau Sumatera itu tepat tengah malam, jam 00.00.

Rombongan lantas melanjutkan perjalanan darat menuju Sumatera Selatan. Jalur Tol Bakauheni – Palembang mempercepat sekaligus memperpendek waktu tempuh hingga setengah dari waktu yang dibutuhkan sebelum ada jalur Tol.

Tiba di Kota Palembang tepat jam 05.00 disambut kabut tipis di pintu keluar Tol di Jakabaring.

Tak lama setelah tiba di kompleks Jakabaring Sport Center stadion Gelora Sriwijaaya, cahaya fajar mulai menampakkan wajah indah Kota Empek-empek Palembang. Tak jauh dari sini, kami segera menyeberangi Sungai Musi dengan jembatan bersejarah, Jembatan Ampera.

Setelah mengitari jantung kota paelmbang yang masih lengang di pagi buta itu, rombongan disambut di kediaman Kepala Perwakilan Wilayah Sumatera Selatan, Sardiman.

“Selamat Datang di Palembang,” kata Sardiman menyambut Pimimpin Redaksi Kliknusantara.com.

Mengenal Sumatera Selatan

Dari penelusuran Wikipedia, Sumsel adalah Provinsi di Indonesia yang terletak di bagian selatan Pulau Sumatra. Provinsi ini beribu kota di Palembang.

Lambang Provinsi Sumatera Selatan

Secara geografis, Sumatra Selatan berbatasan dengan provinsi Jambi di utara, provinsi Kep. Bangka-Belitung di timur, provinsi Lampung di selatan dan Provinsi Bengkulu di barat.

Provinsi ini kaya akan sumber daya alam, seperti Minyak bumi, gas alam dan batu bara. Selain itu Sumatera selatan dikenal dengan hamparnnya yang luas untuk perkebunan dan pertanian.

Dikenal pula dengan Sungai Musi yang lebar dengan begitu banyak cabang anak sungai yang ramai dengan kendaraan transportasi air yang hilir mudik.

Ibu kota provinsi Sumatra Selatan telah terkenal sejak dahulu karena menjadi pusat Kerajaan Sriwijaya. Pada abad ke-7 hingga abad ke-12 Masehi wilayah ini merupakan pusat kerajaan Sriwijaya yang juga terkenal dengan kerajaan maritim terbesar dan terkuat di Nusantara.

Gaung dan pengaruhnya bahkan sampai ke Madagaskar di Benua Afrika. Namun Sejak abad ke-13 sampai abad ke-14, wilayah ini berada di bawah kekuasaan Majapahit.

Selanjutnya wilayah ini pernah menjadi daerah tak bertuan dan bersarangnya bajak laut dari Mancanegara terutama dari negeri china.

Pada awal abad ke-15 berdirilah Kesultanan Palembang yang berkuasa sampai datangnya Kolonialisme Barat, lalu disusul oleh Jepang.

Ketika masih berjaya, kerajaan Sriwijaya juga menjadikan Palembang sebagai Kota Kerajaan.

Secara administratif Provinsi Sumatera Selatan terdiri dari 13 Pemerintah Kabupaten dan 4 Pemerintah Kota, beserta perangkat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.

Pemerintah Kabupaten dan Kota membawahi Pemerintah Kecamatan dan Desa/Kelurahan. Pemerintahan Kabupaten/Kota tersebut sebagai berikut :

  1. Kab. Ogan Komering Ulu (Ibukota Baturaja)
  2. Kab. Ogan Komering UluTimur (Ibukota Martapura)
  3. Kab. Ogan Komering UluSelatan(Ibukota Muara Dua)
  4. Kab. Ogan Komering Ilir (Ibukota Kayu Agung)
  5. Kab. Muara Enim (Ibukota Muara Enim)
  6. Kab. Lahat (Ibukota Lahat)
  7. Kab. Musi Rawas (Ibukota Muara Beliti)
  8. Kab. Musi Banyuasin (Ibukota Sekayu)
  9. Kab. Banyuasin (Ibukota Pangkalan Balai)
  10. Kab. Empat Lawang (Ibukota Tebingtinggi)
  11. Kota Ogan Ilir (Ibukota Indralaya)
  12. Kota Palembang (Ibukota Palembang)
  13. Kota Pagar Alam (Ibukota Pagar Alam)
  14. Kota Lubuk Linggau (Ibukota Lubuk Linggau)
  15. Kota Prabumulih (Ibukota Prabumulih)
  16. Kabupaten Panukal Abab lematang Ilir  (Ibukota Talang Ubi)
  17. Kabuapten Musi Rawas Utara (Ibukota Muara Rupit)……..[Tim].

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Kondisi Terkini Jalur Bambuang Jalan Trans Sulawesi, Ketinggian Air 20 - 50 Cm

Mon Oct 19 , 2020
Kliknusantara.com | TOLITOLI – Kondisi terkini Jalan Trans Sulawesi pada Senin (19/10/2020) jam 12.00 siang hari di Dusun Bambang Desa Ogomatanang Kecamatan Lampasio, masih dibanjiri limpahan air. Dari pantauan awak media ini masih ada 4 titik jalan trans yang di genangi air dengan ke tinggian air yang bervariasi yaitu 30 […]