KPU Tolitoli Rekrut Ribuan Tenaga KPPS Dan Tenaga Ketertiban Sebagai Ujung Tombak Penyelenggara Pilkada

Muhadir, SPdI, KPU Rekrut Ribuan Tenaga KPPS Dan Tenaga Ketertiban Sebagai Ujung Tombak Penyelenggara Pilkada

Kliknusantara.com | TOLITOLI – Komisi Pemilihan Umum KPU Tolitoli mulai merekrut 3.528 calon anggota kelompok penyelenggara pemungutan suara atau KPPS Pilkada 2020.

Tahap pengumuman pendaftaran sebagai anggota KPPS telah berlangsung pada Kamis (1/10/2020) hingga Selasa (6/10/2020). Selanjutnya tahap pendaftaran mulai Rabu (7/10/2020) hingga Selasa (13/10/2020).

Komisioner KPU Tolitoli, Muhadir, dalam wawancara dengan kliknusantara.com melalui telepon seluler (ponsel), Rabu (21 Oktober 2020), mengatakan pendaftaran calon anggota KPPS itu prosesnya melalui panitia pemungutan suara (PPS) tingkat kelurahan.

“Saat mendaftar mesti membawa berkas dan akan langsung menjalani tes wawancara oleh PPS setempat. Sesuai PKPU memang seperti itu. Tapi nanti untuk petugas KPPS yang lolos tetap menggunakan SK KPU Tolitoli,” tuturnya.

Menurut Muhadir, calon anggota KPPS hanya akan menjalani tes wawancara, tidak ada tes tertulis. Namun, mereka harus memenuhi persyaratan untuk menjadi KPPS. Salah satunya tidak memiliki penyakit penyerta terkait Covid-19.

Tidak adanya penyakit penyerta itu buktinya adalah surat pernyataan dari para calon anggota KPPS. “Syarat itu syarat khusus terkait kondisi pandemi Covid-19. Jadi surat itu pendaftar sendiri yang membuatnya,” imbuhnya.

Soal kuota petugas KPPS tujuh orang per TPS, komisioner KPU Tolitoli itu mengaku optimistis bisa terpenuhi kendati saat ini tengah pandemi Covid-19. Sebab, meski belum memasuki tahap pendaftaran, beberapa hari terakhir sudah ada yang mendaftar.

“Beberapa hari terakhir sudah ada yang mendaftar. Tapi berapa jumlahnya saya tidak tahu karena mendaftarnya kan ke PPS. Terkait kondisi pandemi Covid-19 kan yang terpenting penerapan protokol kesehatan secara ketat,” terangnya.

Selain sedang merekrut 3.528 petugas KPPS, menurut Muhadir, saat ini KPU Tolitoli sedang merekrut petugas ketertiban. Jumlahnya dua personel per TPS, sehingga total petugas ketertiban yang dibutuhkan selama pilkada 1.008 orang.

Ia berharap petugas ketertiban berdomisili wilayah TPS tempat mereka akan menjalankan tugas. Hal itu agar tidak ada kendala dalam pelaksanaan tugas. “Ini rekrutmen petugas ketertiban juga jalan,” urainya. (AN34)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Wakil Bupati PPU Bersama Dandim 0913/PPU Panen Melon di Kebun Babinsa Koptu Gampang

Wed Oct 21 , 2020
Kliknusantara.com |PENAJAM – Meningkatkan swasembada pangan di wilayah, Dandim 0913/PPU Letkol Inf Dharmawan mendampingi Wakil Bupati Kabupaten PPU Ir. H. Hamdam. P saat memanen buah melon di kebun milik Babinsa Kelurahan Petung Koramil Penajam Koptu Gampang Priyatno yang merupakan bagian dari Kelompok Tani “Harapan Baru“ berlokasi di Rt 007 Desa […]