KPU Optimis Partisipasi Pemilih Pilkada Tolitoli Mencapai 80 Persen

Muhadir, SPdI : KPU Optimis Partisipasi Pemilih Pilkada Tolitoli Mencapai 80 Persen

Kliknusantara.com | TOLITOLI – Komisi Pemilhan Umum (KPU) Tolitoli, Sulawesi Tengah, optimis angka partisipasi pemilih pada Pilkada 2020 tetap tinggi di tengah pandemi Virus Corona atau Covid-19.

Sebagai upaya meningkatkan partisipasi pemilih ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Desember nanti, KPU Tolitoli terus menggalakkan sosialisasi pilkada.

Komisioner KPU Tolitoli Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, SDM, dan Partisipasi Masyarakat, Muhadir mengatakan, adanya wabah Covid-19 menjadi salah satu faktor penyebab pemilih ragu datang ke TPS. Namun, ia meyakini selama protokol kesehatan dijalankan dengan baik maka hal tersebut bisa dihindari.

“Semua tahapan kita jalani dengan menerapkan protokol kesehatan. Itu tak henti-henti kita sampaikan kepada masyarakat. Sepanjang semuanya mengikuti protokol kesehatan, baik penyelenggara maupun pemilih, kami yakin kan bisa terhindar,” katanya, Kamis (22/10/2020)

Dia mencontohkan, di TPS nanti, pemilih akan diberi sarung tangan sekali pakai. Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) juga akan melakukan sterilisasi pada paku menggunakan disinfektan secara berkala.

“Selesai memilih, jari pemilih diteteskan tinta pada salah satu jarinya. Tak lagi mencelupkan jarinya,” ungkapnya.

Muhadir optimis partisipasi pemilih Pilkada Tolitoli akan mencapai angka 80 persen sesuai target.
 
“Kami selalu ingatkan jadwal pilkada serentak. Selain itu, kami tempel stiker-stiker pesan-pesan pemilu yang kita harapkan bisa dibaca tiap hari,” harapnya.

Menurutnya, pada pemilihan kepala Bupati dan wakil Bupati lima tahun lalu sendiri, tingkat Partisipasi Pemilih di Tolitoli hanya mencapai 75,08 persen. Sedangkan di pemilihan legislatif dan Presiden 2019 lalu meningkat pesat pada angka 79,25 persen, tutupnya. (AN34)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Jembatan Gantung Luokmanipi, Penghubung Dua Desa Beda Kecamatan Yang Terancam Putus

Fri Oct 23 , 2020
Kliknusantara.com | LUOKMANIPI – Akibat hantaman banjir yang berulang-ulang, Jembatan Gantung yang menghubungkan antara Desa Luokmanipi Kecamatan Dondo dan Desa Ogolali Kecamatan Dampal Utara terancam putus. Kedua desa bertetangga beda Kecamatan itu dipisahkan oleh alur sungai Luokmanipi yang lebar dan dikenal berarus kencang. Warga kedua desa dapat berinteraksi dengan baik […]