KPU Kota Jakarta Selatan Rapat Pleno Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan

Kliknusantara.Com | JAKARTA – KPU Kota Jakarta Selatan kembali menyelenggarakan Rapat Koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan bulan Agustus tahun 2020. Rapat Pleno terkait pemutakhiran data pemilih berkelanjutan ini diselenggarakan sebagai tindak lanjut dari SE KPU RI No: 181/PL-02.I-SD/01/KPU/II/2020. Perihal pemutakhiran data pemilih berkelanjutan tahun 2020, yang diterbitkan tanggal 28 Februari 2020. Dalam surat Edaran tersebut KPU Kab/Kota wajib menyelenggarakan rapat koordinasi dan rapat pleno pemutakhiran data pemilih berkelanjutan secara rutin pada tiap bulan.

Dalam rapat pleno pemutakhiran data pemilih berkelanjutan, Selasa (11/8/2020), dengan para stakeholders dan para pimpinan partai politik tingkat kota Jakarta Selatan, dihadiri antara lain oleh:

  1. Ketua dan anggota KPU Provinsi DKI Jakarta
  2. Ketua dan anggota KPU kota Jakarta Selatan
  3. Sekretaris beserta jajaran Sekretariat KPU Kota Jakarta Selatan
  4. Perwakilan KPU Kab/ Kota Se DKI Jakarta
  5. Dandim 0504/JS
  6. Perwakilan Polres metro Jakarta Selatan
  7. Perwakilan Sudin Dukcapil Kota Jakarta Selatan
  8. Kepala Kesbangpol kota Jakarta Selatan
    9.Ketua dan Anggota Bawaslu Kota Jakarta Selatan
  9. Para pimpinan Partai Politik tingkat Kota Jakarta Selatan

Adapun tujuan Rapat Pleno ini adalah untuk menetapkan jumlah pemilih di kota Jakarta Selatan berdasarkan proses pemutakhiran daftar pemilih sampai dengan tanggal 11 Agustus 2020, sekaligus diharapkan akan mendapatkan respon balik dari para pemangku kepentingan dan pimpinan partai politik di wilayah kota Jakarta Selatan terhadap data pemilih yang telah dimiliki oleh KPU kota Jakarta Selatan, sehingga diharapkan akan terjadi proses updating data dan tentunya akan mengurangi tingkat error’/invalid pada data pemilih dimaksud.

Rapat koordinasi tersebut berlangsung secara kondusif dan interaktif. Terdapat beberapa masukan dan informasi dari pihak terkait, antara lain:

  1. Kodim 0504/JS: Bapak Dandim 0504/JS, Kol.Inf. Ucu Yustiana mengatakan bahwa pihak Kodim 0504/JS siap membantu sepenuhnya apabila KPU Kota Jakarta Selatan membutuhkan bantuan dalam rangka proses pemutakhiran data pemilih berkelanjutan ini. Semoga apa yang dilakukan KPU kota Jakarta Selatan mendapatkan kemudahan dan memperoleh hasil yang terbaik.
  2. Dukcapil Kota Jakarta Selatan: Pemerintah kota administrasi Jakarta Selatan melalui Sudin dukcapil kota Jakarta Selatan akan memfasilitasi KPU Kota Jakarta Selatan dalam hal verifikasi / informasi terkait data kependudukan di wilayah Jakarta Selatan.
  3. Kesbangpol Kota Jakarta Selatan: pemerintah kota administrasi Jakarta Selatan akan mendukung kegiatan KPU Kota Jakarta Selatan dan akan terus meningkat kan koordinasi antara kedua pihak.
  4. Bawaslu Kota Jakarta Selatan: Apresiasi kepada KPU kota Jakarta Selatan yang telah melakukan tahapan proses pemutakhiran data pemilih berkelanjutan sampai dengan bulan Agustus ini. Bawaslu kota Jakarta Selatan menilai bahwa KPU kota Jakarta Selatan sudah berinovasi dengan menggunakan media sosial dan media eletronik lainnya dalam rangka mensukseskan tahapan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan ini.
  5. KPU Provisi DKI Jakarta: kami mendukung program Coklit/pemutakhiran data pemilih secara online dan diharapkan juga KPU Kota Jakarta Selatan dapat memaksimalkan peran RT, RW, serta kelurahan dalam proses pemutakhiran data pemilih berkelanjutan.
    Selain itu, KPU kota Jakarta Selatan diharapkan pula dapat meningkatkan koordinasi dengan seluruh ormas yg ada di wilayah Kota Jakarta Selatan, sehingga proses pemutakhiran data pemilih berkelanjutan dapat lebih optimal dengan pemanfaatan jaringan yang ada.

Dalam rapat pleno pemutakhiran data pemilih berkelanjutan bulan Agustus tahun 2020 ini, KPU Kota Jakarta Selatan dalam hal ini diwakilkan oleh Ketua KPU kota Jakarta Selatan, Bapak Agus Sudono memutuskan sekaligus menetapkan total jumlah pemilih per tanggal 11 Agustus tahun 2020 di wilayah Kota Jakarta Selatan adalah 1.696.921 pemilih terdiri dari 841.438 pemilih laki-laki dan 855.483 pemilih perempuan.

35b24349cfd79c2fca67650b87d971df

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Covid-19 Belum Berakhir, Camat Wanayasa Himbau Warganya Ikuti Protokol Kesehatan

Tue Aug 11 , 2020
Kliknusantara.Com|PURWAKARTA – JAWA BARAT – Sosialisasi Pemerintah Pusat, Daerah hingga ke tingkat RT tentang kesadaran dan kedisiplinan masyarakat dari Masa PSBB yang dilanjutkan menjadi AKB ( Adaptasi Kebiasaan Baru ) dan sekarang sudah berubah menjadi masa New Normal, masih perlu ditingkatkan lagi. Dalam hal ini Heryadi Erlan yang akrab disapa […]