Komitmen Perangi Narkoba, Kadivpas Sulteng Pimpin Penggeledahan Lapas Tolitoli.

Kliknusantara.Com | Genderang perang terhadap peredaran gelap narkoba di Lapas terus ditabuh. Kanwil Kemenkumham Sulteng dan jajarannya.

Hal itu nampak dilakukan Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kanwil Kemenkumham Sulteng, Sunar Agus. BcIP, S.H, M.H., memimpin jajarannya menggeledah blok hunian Lapas Kelas II B Tolitoli, Senin (24/8/2020) malam.

Menurut Sunar Agus yang dikonfirmasi saat itu, tujuan penggeledahannya untuk memastikan Lapas Kelas II B Tolitoli yang berisi 260 warga binaan bersih dari narkoba. Demikian pula peralatan komunikasi berupa HP beserta barang terlarang lainnya.

“Saya tidak akan memberikan ampun kepada siapapun yang terlibat pengendalian atau peredaran gelap narkoba. Tolong ini ditegaskan,” tandasnya.

Kadivpas dalam giat itu didampingi Kepala Bidang Pelayanan Tahanan, Perawatan, Kesehatan, Rehabilitasi, Pengelolaan Basab Baran dan Keamanan Johanis Tangkudung. BcIP, Kasubid Pengelolaan Basan Baran dan Keamanan Idris Pirade, Paserang. S.Sos dan beberapa staf Kanwil Kemenkumham Sulteng.

Dalam keyerangannya, Kadivpas mengatakan bahwa kegiatan itu untuk menindaklanjuti arahan dari Dirjen Pemasyarakatan Irjen Reinhard Silitonga. Hal itu terkait upaya menciptakan kondisi lapas/rutan dalam keadaan bersih dan bebas dari peredaran narkoba, HP, dan barang terlarang lainnya.

Dikatakan Sunar Agus dalam penggeledahan itu, agar jajarannya melakukan secara teliti.

“Lebih baik dapat satu blok, tapi teliti dan cermat dalam melakukan penggeledahan. Sehingga bisa benar-benar membuat blok bersih. terutama dari peredaran HP yang jadi sumber dari segala masalah yang ada di lapas/rutan,” ulasnya.

Meski begitu, Sunar Agus berpesan agar penggeledahan dilakukan dengan tetap menjaga etika sopan santun. Jangan sampai membuat warga binaan tersinggung.

“Lakukan dengan baik tanpa menimbulkan masalah baru,” pesannya.

Blok Akuntabel yang berisi 26 warga binaan menjadi sasaran pertama dalam aksi ‘bersih’ Lapas itu. Di blok itu, Kadivpas mengajak warga binaan dialog dibarengi penggeledahan kamar oleh Tim tugas.

Setelah itu, tim bergerak ke blok Profesional yang berada di seberang blok Akuntabel. Sama seperti sebelumnya, tim satgas menggeledah badan maupun kamar hunian sesuai dengan protap yang berlaku.

Dari dua blok yang digeledah, tidak ditemukan barang terlarang yang dimiliki warga binaan seperti narkoba, HP dan barang yang dapat mengakibatkan kondisi Lapas menjadi tidak kondusif, tidak aman dan tidak terkendali.

“Dalam pelaksanaan kegiatan razia tidak ditemukan adanya pemberian fasilitas khusus dan berlebihan di semua kamar blok hunian,” ujar Sunar Agus.

Kadivpas menegaskan bahwa hasil penggeledahan ini harus dipertahankan. Kalapas dan KPLP tidak boleh berpuas diri, tetapi harus terus melakukan analisa mendalam agar tidak sampai terjadi yang tidak diinginkan.

Sunar Agus mengharapkan untuk semua jajaran Lapas Tolitoli untuk selalu menerapkan SOP dan profesionalisme dalam melaksakan setiap tugasnya. Ia pun tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada semua pegawai Lapas Tolitoli yang telah membantu berhasilnya pelaksanaan kegiatan…..(Red).

35b24349cfd79c2fca67650b87d971df

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

KPU Sosialisasikan Persyaratan Pencalonan Untuk Pilkada Tolitoli

Tue Aug 25 , 2020
Kliknusantara.Com | Tolitoli-l_Sulteng – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tolitoli melakukan sosialisasi syarat calon dan persyaratan pencalonan bagi bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati dari jalur partai politik yang akan mengikuti Pilkada Tolitoli pada 9 Desember 2020 mendatang. Ketua KPU Tolitoli, Sulaiman menyampaikan, peserta dalam kegiatan ini berasal dari […]