Komisioner KPU Tolitoli, Alisman: 30 Kursi DPRD Tolitoli Habis Terbagi Rata Di Tiga Bapaslon Bupati

Kliknusantara.com, Tolitoli-Sulteng | Jelang penutupan pendaftaran bakal pasangan calon (Bapaslon) Bupati, hampir dipastikan hanya akan ada tiga pasangan yang akan maju ‘bertanding’ dalam pilkada mendatang. Ketiganya pun telah mendaftar.

Ketiga pasangan calon tersebut adalah Rahman Hi. Budding – Faisal Bantilan yang telah mendaftar sejak hari pertama. Berikutnya adalah pasangan Muchtar Deluma – Bakri Idrus dan pasangan Amran Hi. Yahya – Moh. Besar Bantilan, masing-masing mendaftar pada hari kedua dengan beda jam.

Sesuai tahapan dan jadwal KPU, masa pendaftara pasangan calon hanya 3 hari terhitung sejak tanggal 4 September 2020. Berdasarkan itu, tepat 00.00 malam ini, Ahad (6/9) adalah batas akhir pendaftaran bakal pasangan calon dengan usungan partai politik.

Masih tersisa beberapa jam lagi masa pendaftaran itu berakhir dan segera ditutup. Selanjutnya KPU Tolitoli akan segera memasuki tahapan selanjutnya untuk sampai pada penentuan pasangan yang memenuhi syarat jadi pasangan resmi Calon Bupati dan Wakil Bupati Tolitoli yang maju pilkada. 9 September mendatang.

Komisiooner KPU Tolitoli, Divisi Teknis Pemilihan, Alisman, SH., saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Ahad beberapa jam lalu membenarkan hal tersebut. Menurutnya, KPU Tolitoli akan bekerja dan mengikuti aturan jadwal yang telah ditetapkan.

“Kami tetap menunggu dan bekerja sampai batas akhir pendaftaran jam 12.00 malam ini. Itu bentuk pelayanan yang kami harus tunaikan,” tandas Alumnus Fakultas Hukum Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta ini.

Menyinggung soal dukungan partai politik kepada setiap pasangan calon yang telah mendaftar, Alisman mengungkapkan masing-masing calon berbagi rata jumlah 30 kursi DPRD Tolitoli yang terdistribusi dalam partai pengusung.

“Kalau melihat daftar partai pengusung dari Bapaslon yang telah mendaftar, semua partai politik yang ada perwakilannya di DPRD sudah memiliki usungan,” kata Alisman.

Lebih lanjut ia menjelaskan, pasangan Rahman Hi. Budding-Faisal Bantilan didukung PPP (4 kursi), PKS (3 Kursi) dan PD (3 Kursi). Kemudian pasangan Muchtar Deluma – Bakri Idrus diusung Partai Golkar (4 Kursi), Partai Gerindra (3 Kursi) dan PDIP (3 Kursi).

Sisanya, dukungan yang sama besar untuk pasangan Amran Hi. Yahya – Moh. Besar Bantilan dari PBB (4 Kursi), Partai Nasdem (4 Kursi) dan PAN (2 Kursi).

Sehingga pasangan calon masing-masing didukung gabungan partai politik dengan kekuatan 10 Kursi di legislatif. Jumlah itu memenuhi syarat dan ketentuan dukungan minimal 20% dari jumlah kursi DPRD.

Meski demikian, untuk kepastian lolos tidaknya pasangan calon berlaga dalam pilkada, Alisman mengatakan masih beberapa tahapan mesti diikuti.

“Tentu kita tidak bisa pastikan semuanya sudah lolos. Segala kemungkinan bisa saja terjad. Untuk pastinya, ya, menunggu hasilnya nanti,” ujarnya….. (Abi).

35b24349cfd79c2fca67650b87d971df

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Relawan Sejati H2G-Mulya Akan Berjuang Maksimal Memenangkan H2G dan Mulyana

Sun Sep 6 , 2020
Kliknusantara.com, Musi Rawas | LIN, LKPK dan GMP tiga ormas cabang Kabupaten Musi Rawas yang selama ini dikenal dengan sebutan Koalisi Anti Korupsi (KAK) yang selalu mengkritisi semasa kepimpinan H. Hendra Gunawan melalui Aksi unjuk rasa selama ini akhirnya memutuskan mendukung penuh pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati periode 2021-2026 […]