Ketika Kades Pangkung ‘Teriaki’ Kontraktor Pemilik Alat Berat, Ini Sebabnya.

Kliknusantara.com [Dondo-Tolitoli] – Menghadapi pengikisan air sungai dan abrasi yang mengancam sejumlah fasilitas pendidikan dan bangunan Posyandu serta pemukiman warganya, Kepala Desa Pangkung Kecamatan Dondo Kabupaten Tolitoli kerahkan warganya untuk kerja bakti mengatasinya.

Beberapa kali mereka kerja bergotong royong untuk bisa menghindari hantaman air sungai yang sewakt-waktu bisa meluap dan merobohkan bangunan serta pemukiman warga. Ancaman itu setiap saat mengintai terutama saat hujan deras di hulu sungai.

Meski sudah berusaha dengan warganya, upaya mereka belum bisa terwujud. Pasalnya untuk mengembalikan alur sungai ke jalurnya semula tidaklah mudah. Jarak yang mesti digali panjangnya lebih dari 100 meter.

Mengandalkan tenaga manusia membutuhkan waktu yang lama. Kades pun berusaha mencari alternatif untuk memepercepat proses penggalian.

Melalui Group WA di medsos, Kepala Desa Pangkung, Tardin A. Panessai ‘berteriak’ mintatolong kepada kontraktor pemilik alat berat untuk bisa membantunya meski harus diseawa.

“Tlg… Tolong.. Bagi kontraktor yg brmurah hati.. Ut membantu masyarakat desa pangkung memindahkan muara sungai.. Krn ada bbrapa pasilitas umum trancam.. PAUD.. MA.. MTs.. Sisa krang lebih 5 mtr,” ungkap Tardin A Panessai melalui medsos dalam pesan WhatsApp, Rabu (3/6/2020).

Desa Pangkung merupakan desa pemekaran dari Desa Salumbia. Letaknya berada paling ujung Barat wilayah Kecamatan Dondo yang berbatasan dengan Desa Stadong dan Ogolali Kecamatan Dampal Utara. Batasnya dipisahkan dengan sungai yang dikenal dengan nama Sungai Salumbia.

Akibat penggundulan hutan di hulu, setiap hujan deras, material pasir terbawa dan menumpuk di muara sungai. Akibatnya terjadi pendangkalan dan penumpukan material pasir.

Karena posisinya berada di muara yang berhubungan dengan laut lepas, acaman abrasi juga tak terhindarkan. Jadilah kedua hal tersebut mengancam desa itu……. (Abi).

35b24349cfd79c2fca67650b87d971df

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Pimpinan DPRD Respon Soal Pengikisan Sungai Pangkung Jemi Yusuf: Kami Segera Komunikasi Ke Dinas PUPR

Thu Jun 4 , 2020
Jemi Yusuf, SP., MSi., Wakil Ketua DPRD Tolitoli dari Fraksi Golkar di salah satu momen memipin rapat di DPRD Tolitoli (Foto: Postingan Fb Jemi Celebes) Kliknusantara,com [Tolitoli-Sulteng] – Pimpinan DPRD Tolitoli merespon pemberitaan terkait pengikisan air sungai dan abrasi pantai yang mengancam sejumlah fasilitas pendidikan dan Posyandu serta pemukiman warga […]