Kerontang 5 Tahun, Kini Hamparan Sawah Bambapula Berangsur Mulai Menghijau

Hamparan sawah Bambapula yang mulai kembali ditanmi padi setelah adanya sumur bor

Kliknusantara.com |BAMBAPULA – Hamparan sawah di Desa Bambapula berangsur menghijau. Petani sawah mulai menggarap sawahnya setelah 5 tahun terakhir tak berproduksi.

Kini untuk beberapa luasan sawah mulai terlihat menghijau dengan tanaman padi. Nampak suasana sawah yang dulunya sangat produktif di wilayah kecamatan Dampal Utara itu kembali sedia kala.

Adalah prakarsa dan kehendak warga petani sawah bersama Kepala Desanya untuk mengalokasikan anggaran APBDes untuk pembuatan sumur bor di tahun 2019 lalu. Langkah itu mulai membuahkan hasil. Sumur dengan kedalaman 100 meter itu mukai mampu menghadirkan air untuk sawah.

Meski demikian, hamparan sawah luas itu belum sepenuhnya dapat dijangkau air. Hal itu karena alokasi anggaran Dana Desa Bambapula baru mampu menghadirkan 1 unit sumur bor dengan nilai Rp. 164.000.000. Baru kemudian menyusul 1 unit juga dari Dinas TPH Tolitoli di Juli 2020 ini.

“Kalau bantuan dari desa, pembuatan sumur suntiknya di tahun 2019 dengan kedalaman 100 m dengan anggaran 165.000.000. Itu sudah beserta dengan mesin pompa dan peralatan lainya,” kata Aidil Abidin pada Jum’at (18/9/2020) di kediamannya di Desa Bambapula.

Kedua sumur itu menurut Kades Bambapula, Aidil Abidin, masih dalam tahap uji coba untuk Satu tahun ke depan. Jika nantinya sesuai harapan akan ditambah lagi sampai Delapan titik sumur bor.

Dikatakan Aidil, sebagai upaya dari pihaknya untuk mensejahterakan warganya, ia berusaha menghadirkan fasilitas kebutuhan petani sawah itu.

Untuk selanjutnya menurut Aidil, pihaknya berencana membuat bak penampungan air. Nantinya air yang di tarik mesin pompa ditampung di bak air. Selanjutnya air dari bak mengalir ke lahan persawahan dapat terkontrol dengan baik.

Dengan demikian kata Aidil, sumur suntik ini akan di pergunakan bilamana tak turun hujan dalam sepekan…… (Abi).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Kapolda Tidur Berbantal Sajadah Di Masjid, Begini Respon Netizen Kepada Irjen Pol Baharudin Djafar

Mon Sep 21 , 2020
Kloknusantara.com | AMBON¬† – ¬†Beredar viral foto Kapolda Maluku, Irjen Pol Baharudin Djafar di media sosial Facebook, mengundang banyak perhatian warga net. Sosok pejabat Polri berbintang Dua itu mendapat banyak komentar sekaligus pujian. Pasalnya, dengan posisinya sebagai orang nomor satu di Polda Maluku yang berbaring tidur dengan bantal sajadah layaknya […]