Kepala Desa Sandana: Tiga Agenda Fisik Prioritas 2020 Rampung

Zainuddin alias Sarkodes, Kepala Desa Sandana Kecamatan Galang, Tolitoli, Sulteng

Kliknusantara.com | GALANG – Sejumlah agenda pembangunan Desa Sandana Kecamatan Galang Kabupaten Tolitoli sebagaimana tertuang dalam RKP Desa Sandana Tahun Anggaran 2020, dapat terlaksana dengan baik hingga akhir tahun 2020.

Kepala Desa Sandana, Zainuddin, mengemukakan hal itu saat menerima Awak Liputan Desa Membangun pada Selasa pagi di kantornya.

Zainuddin yang lebih dikenal dengan Sarkodes itu mengatakan pihaknya dibantu perangkat desa menyelesaikan berbagai program. Tiga diantaranya agenda kegiatan fisik yang jadi prioritas dan mendesak di tahun ini.

Kegiatan itu merupakan realisasi program yang dibiayai melalui Dana Desa (DD) tahun 2020. diantaranya, (1) penimbunan jalan pemukiman masyarakat sepanjang 65 m di Dusun Cendana, (2) penimbunan jalan pemukiman masyarakat 50 m di Dusun Nelayan dan (3) rabat beton di Dusun Nelayan.

“Ketiga kegiatan ini pembangunannya sudah rampung seratus persen,” Papar Sarkodes.

Dikatakannya, rencana awal tiga kegiatan ini volume pekerjaan semuanya lebih 100 m, namun anggaran tidak memungkinkan. Itu karena dampak pandemi Covid-19 yang mengharuskan adanya pengalihan dana untuk bantuan langsung tunai (BLT).

Lebih jauh Zainuddin menjelaskan bahwa jalan pemukiman masyarakat dibangun atas usulan warga melalui musyawarah. Tujuannya agar kaplingan tanah milik warga yang berada di sekitaran jalan sudah bisa dibangun rumah.

“Tak adanya akses jalan ke lokasi itu jadi kendala utama bagi warga sehingga belum memanfaatkan kaplingan rumahnya,” urai Kepala Desa ini.

Pihaknya pun berharap dengan terbangunnya jalan sesuai aspirasi warga itu, memudahkan mereka untuk menata kaplingannya…… (Aby).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Drainase Selesai Dibangun, Warga Dusun Toba Jaya Apresiasi Pemerintah Desa Malulu

Wed Dec 23 , 2020
Kliknusantara.com | DONDO – Warga Dusun Toba Jaya kini boleh bernafas legah serta tak perlu was-was jika hujan deras mengguyur. Pasalnya drainase yang menjadi saluran pembuangan air telah selesai dibangun Pemerintah Desa Malulu. Selama ini bila hujan turun, air menggenangi pekarangan rumah warga karena tak ada saluran. Warga pun merasa […]