Kepala Desa Sandana Terus Berupaya Pulihkan Ekonomi Masyarakatnya

Sarkodes, Kepala Desa Sandana, Tolitoli

SULTENG TOLITOLI – KLIKNUSANTARA.COM | Lesunya perkonomian sebagai dampak dari pandemi covid-19 turut dirasakan warga Desa Sandan Kecamatan Galang Kabupaten Tolitoli Sulawesi Tengah. Aktifitas ekonomi warga tak seramai sebelumnya. Padahal Desa Sandana merupakan salah satu desa yang perputaran ekonominya di atas rata-rata.

Kades Sandana, Zainudin kepada media ini mengemukakan kondisi desanya yang mengalami kelesuan ekonomi. Ia mengaku berupaya membangkitkan kembali geliat ekonomi desanya dengan berbagai upaya. Antara lain memaksimalkan BLT dana Desa, program pembangunan fisik mendesak dan kegiatan padat karya lainnya.

“Berbagai program kita hadirkan untuk medorong warga terus berusaha dan beraktifitas secara produktif agar ekonomi bisa kembali pulih,” ujarnya Sabtu sore (20/3/21).

Menurut Kepala Desa yang akrab disapa Sarkodes itu berharap BLT dan bantuan lainnya yang dikucurkan pemerintah dapat memicu pergerakan ekonomi agar warga tak kesulitan memenuhi kebutuhan hidupnya.

Demikian pula agenda pembangunan lainnya terus didorong untuk mendukung kegiatan pemulihan ekonomi dalam menghadapi dampak pandemi.

Sementara menyinggung soal kegiatan pasar malam yang sedang berlangsung di desanya, Sarkodes berharap ada dampak positif dalam mengatasi kelesuan ekonomi warga.

“Kalau melihat antusias warga yang berkunjung ke pasar malam, membuat saya bisa mengukur bahwa ada semangat perbaikan perekonomian warga,” urainya.

Terkait berkembangnya tudingan indikasi perjudian dalam kegiatan pasar dan hiburan malam itu, Kepala Desa ini mengaku tak melihat sejauh itu. Kalau pun ada unsur judulnya, pihaknya mengaku termasuk tak menyetujuinya. Namun sejauh ini ia menganggap semuanya masih sebatas hiburan yang menjadi daya tarik bagi pengunjung untuk hadir.

Sarkodes sendiri mengakui, adanya suara-suara warga terkait judi pada acara pasar malam itu. Tudingan utama kata Sarkodes tertuju pada permainan Erek Erek.

Sejauh ini dikatakannya kegiatan serupa berlangsung sejak dulu dan selalu pada permainan itu yang jadi sorotan. Padahal menurutnya banyak hal positif lainnya yang menguntungkan warga. Misalnya hiburan bagi pengunjung yang datang sekeluarga. Mereka juga dapat berbelanja kebutuhan mereka. Pada saat yang sama pelaku ekonomi kecil bisa berpartisipasi… … (Aby).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Apakah Daging Ayam Berbau Busuk Masih Layak untuk Dimasak?

Mon Mar 22 , 2021
Terkadang, daging ayam mengeluarkan bau busuk saat dikeluarkan dari lemari pendingin. Jika ayam berbau busuk, masihkah layak untuk dimasak?Read More The post Apakah Daging Ayam Berbau Busuk Masih Layak untuk Dimasak? appeared first on SAREKAT ID. Read More The post Apakah Daging Ayam Berbau Busuk Masih Layak untuk Dimasak? appeared […]