Kepala Desa Kongkomos Bidik Peluang Usaha Kebun Sayur Untuk Pemulihan Ekonomi Masyarakat

Kliknusantara.com BASIDONDO – Kepala Desa Kongkomos, Drs. Muhammad Nur membidik peluang bisnis budidaya sayur-mayur yang menurut datanya memiliki potensi besar belakangan ini di masa pandemi Covid-19.

Peluang itu didukung oleh kondisi tanah dan iklim yang cukup baik untuk pengembangan sayur mayur. Desa lainnya hanya Silondow dan Dusun Batuan Desa Ogomatanang Kecamatan Lampasio. Olehnya, Kongkomos dikenal satu dari sedikit desa pemasok sayur-mayur untuk Kecamatan Basidondo dan beberapa kecamatan sekitarnya, Dondo dan Dampal.

Selain itu, potensi yang juga mendukung adalah kultur dan keterampilan warga yang gemar bercocok tanam. Belum lagi sejumlah warganya berprofesi sebagai pedagang sayur Motor Gandeng yang menjajakan sayur dari desa ke desa lainnya.

M. Nur kepada awak Liputan Desa Membangu mengatakan pihaknya sejak lama mengamati besarnya peluang tersebut. Saat ini ada momentum penyusunan anggaran dalam APBDes tahun 2021, Baginya ini adalah waktu yang tepat merebut peluang tersebut.

Dalam estimasinya, sayur-sayuran di Kongkomos makin menurun sementara kebutuhan para pedagang sayur (motor gandeng) makin meningkat karena permintaan pasar.

“Ini yang mendorong kami untuk mengembangkan komoditi ini, ” jelas kades Kongkomos.

Untuk mewujudkan agenda pemulihan ekonomi masyarakat itu, Kades menggandeng petugas pertanian, Pendamping Read dan PPL setempat untuk mensosialisasikannya kepada warga, utamanya ibu-ibu yang tergabung dalam Kelompok Wanita Tani.

Kepala Desa bersama petugas pertanian mengagendakan pertemuan di Tiga Dusun yang ada di Desa Kongkomos. Langkah awal telah dimulai Kelompok Kerja Wanita Tani (KKWT) Desa Kongkomos pada Jum’at (15/01/21) kemarin.

Drs. Moh. Nur, didampingi Samsidar (Pendamping Read) dan Ni Komang Ayu Sri, SP. (PPL). memipin rapat bersama sejumlah ibu-ibu dari gabungan Kelompok Wanita Tani (KWT) se Desa Kongkomos yang berlangsung di Balai Kemasyarakatan.

“Kegiatan ini baru rapat perdana untuk satu dusun, dan akan dilanjutkan tiga dusun berikutnya sampai selesai. Karena mengingat kondisi covid 19 kegiatan ini terpaksa dilaksanakan secara bertahap sesuai jumlah kelompok,” ujar M. Nur.

Kades mengatakan, program ini akan dipacu mengingat target penyusunan APBDes diupayakan akhir Januari ini sdh bisa kelar………. (Aby).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Lewat Ketum BKPRMI, Kabaharkam Polri Bantu Ringankan Beban Korban Banjir Banjarmasin

Sat Jan 16 , 2021
Kliknusantara.com | BANJARMASIN – Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI), Said Aldi menyerahkan bantuan Kabaharkam Polri Komjend pol Agus Adrianto kepada korban banjir di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Penyerahan itu dilakukan di posko Hipmi Peduli, Jumat (15/1/2021) yang disaksikan oleh Polresta Banjarmasin sekaligus penyerahan […]