Kades Galandau: Sudah Siap 900 Kg Benih Jagung Untuk Lahan 60 Ha Milik Warganya

Kadim Djawal, Kepala Desa Galandao, Basidondo Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah.

Kliknusantara . Com [Basidondo-Tolitoli] – Kepala Desa Galandau, Kadim Djawal akhirnya dapat memulai agendanya untuk menanam jagung tongkol secara serentak di 60 Ha lahan warga desanya. Hal itu menyusul diserahkannya 900 Kg benih jagung hibrida oleh Kepala Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Basidondo, Made Pancasila.

Menurut Kades, di Galandau terbentuk 3 Kelompok Tani, yaitu Kelompok Laskar Jaya, Seberang Jaya, Baru Mekar.

Masing-masing kelompok memiliki luas lahan 20 Ha. Ada pun bantuan benih di berikan langsung kepada ketua masing-masing Klompok Tani di desa galandau pada Sabtu sore (19/6/2020) sekitar jam 17.00 Wita.

“Sabtu kemarin dinas tanaman pangan berikan bantuan benih jagung hibrida ke 3 kelompok tani di desa galandau sebanyak 900 kg untuk luas lahan 60 Ha,” kata Kadim Djawal kepada awak media Kliknusantara.com di rumah salah seorang warganya, Senin (22/6/2020).

“Mudah-mudahan penanaman benih secepatnya terlaksana,” ujarnya.

Kadim menuturkan lebih lanjut, pihaknya berencana mengundang pihak dinas untuk menyaksikan dan memulai penanaman awal. Bahkan menurutnya jika realisasi bisa mencapai 80% dari yang dihasilkan petani, ia berangan-angan menghadirkan Menteri Pertanian.

“Insya Allah kalau realisasinya dari tanaman jagung tongkol bisa mencapai 80 persen dari hasil yang didapat oleh petani rencana kami mau undang mentri pertanian datang langsung ke Desa Galandau untuk menyaksikan langsung panenya petani,” tutur Kadim.

“Mudah-mudahan berjalan sesuai rencana,” ujarnya penuh harap…… (Abi).

35b24349cfd79c2fca67650b87d971df

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Sentra Jagung Tolitoli, Kades Galandau Sokong Warga Tanam Serentak 60 Ha

Mon Jun 22 , 2020
Hamparan Jagung hasil panen kebun milik Supardi, warga Desa Galandau Kecamatan Basidondo, Tolitoli, Sulawesi Tengah. Kliknusantara . Com [Galandau-Tolitoli] – Komoditi jagung tongkol mulai menjadi familiar di Desa Galandao Kecamatan Basidndo. Desa hasil pemekaran dari Desa Marisa yang letaknya sekitar 700 m dari Jalan Trans Sulawesi itu, sebagian warganya menjadikan […]