Kajari Tolitoli Permudah Akses Pengaduan dan Informasi Masyarakat Tingkatkan Kinerja Kejaksaan

Deddy Koerniawan, SH., MH., Kepala Kejaksaan Negri Tolitoli, Sulawesi Tengah.

Klikuusantara.com | Peningkatan kinerja Kejaksaan Negeri Tolitoli tak lepas dari partisipasi masyarakat dalam memberikan informasi terkait penyelewengan penyelenggaraan pemerintahan di daerah Tolitoli. Untuk itu Kepala Kejaksaan Negri (Kajarai) Tolitoli, mempermudah pelayanan Kejaksaan dalam pelayanan informasi dan pengaduan oleh masyarakat.

Penegasan itu disampaikan Kajari Tolitoli, Deddy Koerniawan, SH., MH., saat ditemui awak media ini dikantornya, Rabu, (10/2/21). Ia mengatakan pihaknya memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengakses informasi dan juga melakukan aduan apabila masyarakat menemukan sesuatu penggunaan anggaran daerah yang tidak sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Kami sebagai aparat penegak hukum (APH) senantiasa menerima partisipasi masyarakat dalam bentuk fisik ataupun lewat online, sehingga kapan pun serta di mana pun kami dapat melayani apa yang menjadi partisipasi masyarakat,” tandas orang nomor 1 di Kejaksaan Negeri Tolitoli ini.

Dikatakannya, “kami sudah menyediakan website dengan alamat: Kajari-Tolitoli.Kejaksaan.go.id. Melalui perangkat online itu informasi dapat diakses oleh seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Tolitoli dalam menyampaikan aspirasi, entah itu bentuk aduan ataupun kritikan kepada kami,” ujarnya.

Semua itu menurut Kajari, dalam rangka peningkatan pengawasan masyarakat terhadap kinerja pemerintah. Baginya, haruslah ada aduan masyarakat. Sehingga Kejaksaan bekerja dengan data yang jelas, bukan karena asumsi.

Dalam melayani dan meyambut partisipasi masyarakat itu, pihaknya sudah menyediakan beberapa mekanisme pengaduan. Masyarakat dapat datang langsung di kantor cabang yang ada di kecamatan ataupun lewat website resmi kejaksaan Negri tolitoli.

Dalam mekanisme pelaporan kasus oleh masyarakat ini, tentunya dengan melengkapi berkas pelaporan seperti nama pelapor. Begitu juga si terlapor, nama serta jabatannya, sekaligus dugaan pelanggarannya.

Deddy Koerniawan juga menyampaikan agar masyarakat dalam melakukan pengaduan ke pihak kejaksaan agar melengkapi subtansi pelaporan dan juga menjujung praduga tak bersalah.

Terkait identitas pelapor itu, Kajari menekankan bahwa pihaknya akan melindungi pribadi pelapor. Untuk itu ia berharap masyarakat apabila melapor bukan berangkat dari sebuah asumsi pribadi ataupun kepentingan kelompok.

“Dalam menindak lanjuti partisipasi masyarakat, kami hanya berharap agar masyarakat dalam memberikan informasi kepada kami bukan atas pendapat ataupun asumsi pribadi akan tetapi berangkat dari data yang sudah ditelusuri kebenaranya oleh masyarakat,” imbuhnya.

“Haruslah memberikan kejelasan berkaitan kegiatan yang menjadi inti pelaporan yang dilakukan oleh masyarakat,” ucapnya menyudahi pembicaraan……. (ELN).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

HPN dan HUT PWI Di Tolitoli Diisi Kegiatan Sosial Anjangsana Ke Panti Asuhan

Wed Feb 10 , 2021
Kliknusantara.com | TOLITOLI – Dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2021 dan HUT ke-75 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), anggota PWI┬áKabupaten Tolitoli melakukan anjangsana ke Panti Asuhan Yayasan Bina Umat Al Hikmah, Tolitoli Sulawesi Tengah, Rabu, 10 Februari 2021. Anjangsana ke panti asuhan dipimpin langsung oleh Ketua PWI Tolitoli, […]