Kades Stadong Dorong Pertanian Bangkitkan Ekonomi Warga

Amrin Halim, Kepala Desa Stadong Dampal Utara, Tolitoli

SULTENG TOLITOLI – Klinusantara.Com | Alur Petani Desa Stadong Kecamatan Dampal Utara kini semakin memperlihatkan kemajuan yang menggembirakan. Saat ini hampir Semua Petani yang ada di Stadong khususnya di Dusun Kampung Baka.lagi tersnyum lebar karena tanaman yang mereka budidayakan selama ini sudah dalam proses panen , dan tanaman yang ditanam tidak hanya pada satu komoditi melainkan beragam jenis tanaman seperti jagung, kacang tanah, padi sawah, nilam, dll.

Namun sejauh ini keberhasilan Petani Stadong tidak lah mudah seperti membalikkan kedua telapak tangan, melainkan butuh proses, butuh kerja sama antar Warga dan pemerintah Desa serta sinergi dengan instansi terkait di Kecamatan dalam menjalankan aturan aturan yang di perdeskan oleh Pemerintah Desa seperti Perdes ternak yang sangat menguntungkan kedua pihak baik petaninya maupun peternaknya.

Seperti penuturan Amir Petani Dusun Boangin yang tertulis di Kliknusantara.com sebelumnya ” Keberhasilan saya menanam kacang sampai panen 300 kaleng, tidak serta merta karena ke piawaian saya membudidayakan kacang tanah, melainkan dampak dari kerja keras Pemerintah Desa memberlakukan Perdes Ternak di Stadong dan ke kepatuhan warga setempat dalam menjalankan aturan aturan yang sudah di tetapkan, ” Terang Amir

Amir ini hanyalah segelintir Petani yang berhasil menuai hasil panennya saat ini masi banyak petani petani lain yang sedang sibuk memanen tanaman miliknya, dan sebagian petani sudah berada di fase pengeringan hasil panen, dan sebaginya lagi sedang menunggu tanaman miliknya untuk di panen, sampai proses penjualan yang sangat di tunggu tunggu oleh semua kalangan Petani Desa Stadong.

Seperti apa yang di sampaikan Kades Stadong Amrin Haling ke Awak Liputan Desa Membangun melalui Whatsapp nya Kamis (18/3/21) di saat ia turun langsung Kelapangan di Dusun Kampung Baka, melihat kegembiraan warganya yang sedang memanen tanaman miliknya baik kacang tanah maupun jagung tongkol, Saat ini perkembangan Pertanian dan Perkebunan di stadong semakin memperlihatkan kemajuan yang sangat menggembirakan, hampir semua petani mendapatkan hasil yang sangat memuaskan dan itu memang target dari pemerintah Desa yaitu menjayakan kembali Pertanian dan Perkebunan serta Peternakan Warga yang ada di Desa Stadong.

“Patut di syukuri hampir semua petani di stadong dalam proses memanen tanaman miliknya dan itu menjadikan pemandangan yang sangat indah semua ini berkat rezki yang Allah berikan, dan kami pemerintah Desa tidak terlena dengan capaian petani saat ini, kami tetap berusaha untuk lebih mensejatrahkan petani dan peternak karena kedua propesi ini menjadi mata pencaharian utama bagi warga Stadong, ” Jelas Amrin Haling

“Kami juga mengajak kepada Dinas terkait agar bersinergi dengan Pemerintah Desa dalam Rangka memajukan Pertanian dan Perkebunan di Stadong. ” Harapnya…… (Aby).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

PKS: Rizieq Dipaksa Sidang Online Berpotensi Langgar HAM

Mon Mar 22 , 2021
PKS meminta Komnas HAM hingga KY memantau persidangan mantan Imam Besar FPI Rizieq Shihab di PN Jakarta Timur.Read More The post PKS: Rizieq Dipaksa Sidang Online Berpotensi Langgar HAM appeared first on SAREKAT ID. Read More