Jokowi : Percepat Bantuan Bansos dan Sembako,jangan di buat Rumit

Pandemik Corona 19 memang membuat Bencana di seluruh Dunia,Khususnya Kesehatann dan Pangan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan Menteri Sosial Juliari Peter Batubara beserta Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar untuk menyederhanakan proses pembagian bantuan sosial (Bansos) tunai, paket sembako, dan bantuan langsung tunai (BLT) Desa.

Instruksi itu disampaikan Presiden Jokowi saat memimpin rapat terbatas melalui video conference di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (18/5/2020). Rapat yang dihadiri Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin membahas tentang penanganan pandemi Covid-19 di berbagai daerah di Tanah Air.

“Terkait penyaluran bansos tunai, paket sembako, dan BLT desa, Saya minta sekali lagi, prosesnya dipercepat, prosesnya disederharanakan,” kata Presiden Jokowi.

Ia mengatakan berdasarkan laporan terakhir yang diterima, pembagian BLT Desa belum maksimal karena masih berkisar 15 persen, kemudian Bansos tunai hanya sekitar 25 persen.

“Tapi saya juga mendapatkan informasi dari Menteri Desa dan Menteri Sosial bahwa pada minggu ini akan selesai semuanya,” katanya.

Presiden Jokowi meminta agar secepatnya diselesaikan masalah yang muncul di lapangan, khususnya terkait data yang belum sinkron antara

Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan non DTKS.

“Beri fleksibilitas kepada pemerintah daerah, terutama pemerintah desa untuk mengambil kebijakan operasionalnya di lapangan sehingga akan memudahkan. Tapi tentu saja, akuntabilitas tetap harus dijaga,” kata Presiden Jokowi.[]/BS

editor : whb

35b24349cfd79c2fca67650b87d971df

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Sandi Kritik Keras Jika Rest Area di Kuasai Perusahaan Besar

Mon May 18 , 2020
ditengah Kesulitan Ekonomi Rakyat Indonesia akibat Pandemik Covid 19,sudah seharusnya Wirausaha Rakyat seperti UMKM dibantu oleh Pemerintah agar tidak mati, dilansir Detik.com,Pengusaha ternama nasional Sandiaga Uno menyindir soal kurangnya pemberdayaan UMKM di rest area pada jalan tol. Padahal menurutnya, dalam UU no 38 tahun 2004 soal jalan tol, UMKM memiliki […]