Jembatan Gantung Ogolais, Urat Nadi Perekonomian Desa Ogowele Dari Dusun Sibalaong

Kliknusantara.Com [Ogowele-Tolitoli] – Jembatan gantung yang terbentang diatas Sungai Ogolais di Desa Ogowele satu-satunya akses penghubung Dusun Sibalaong dengan Dusun Ulatan.

Aktifitas warga Ogowele umumnya adalah pertanian dan perkebunan yang berad di Dusun Sibalaong. Dengan demikian jembatan gantung tersebut menjadi sangat menentukan dalam perputaran ekonomi masyarakat Ogowele.

Sejumlah komoditi hasil perkebunan masyarakat diangkut melalui Jembatan ini. Hanya saja jembatan ini hanya mampu di lalui kendaraan roda dua. Kelancaran pengangkutan hasil perkebunan itu sangat tergantung dengan jembatan tersebut.

Namun kondisi terkini jembatan gantung kuala lais membutuhkan penanganan. Lantai kayu yang terpasang sebagian sudah mulai lapuk. Bahkan beberapa tinggal di tambal dengan papan panjang.

Penuturan warga Dusun Sibalaong bernama Ram yang ditemui saat sedang melintasi jembatan kepada awak media ini mengatakan jembatan tersebut sangat penting bagi warga utamanya Dusun Sibalaong. Baik untuk melintas ke kebun maupun untuk ke sekolah bagi anak-anak.

“Harapan kami jembatan ini supaya direhab secepatnya. Bisa dilihat sendiri pak kayunya sudah mulai ada yang lapuk dan tinggal ditambal dan itu bisa bahayakan kami saat melintas di jembatan ini kemudian terlalu goyang. Kalau orang baru lewat di sini bisa gemeteran,” ungkap Ram.

Menanggapi hal itu, Kades Ogowele, Mapri H. Baribi yang menerima media ini di kediamanya belum lama ini mengatakan pihaknya memang sudah mengagendakan perehaban jembatan tersebut.

“Tahun ini ada perehaban di jembatan gantung kuala lais dan di upayakan secepatnya, mengingat lantai papanya sudah ada yang rusak,” ujar Kades.

Masih dari mapri sebenarnya kami berencana mengganti jembatan tersebut menjadi jembatan permanen supaya bisa di lalaui roda empat dan pengangkutan hasil tani jadi mudah.

Namum menurutnya, rencana pembangunan itu pasti butuh dana besar.dan pastinya dana desa tidak cukup untuk itu.

“Ya, kita berharap saja, siapa tau ada bantuan pemerintah Kabupaten, Provinsi atau pun Pusat untuk pembangunan jembatan itu,” tutupnya…..(Abi).

35b24349cfd79c2fca67650b87d971df

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Rusli-Aldi Deklarasi Pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng Di Warkop Nokilalaki Palu

Fri Jul 17 , 2020
Kliknusantara.Com [Sulteng] – Riuh gemuruh dari ratusan pengunjung Warkop Nokilalaki Palu menyambut pendeklarasian pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah di Jalan Nokilalaki, Jum’at (17/7/2020). Pasangan deklarasi yang mengusung Sahabat Rusli-Aldi Taher itu akhirnya memenuhi janjinya untuk mengumumkan kepada publik Sulteng rencana mereka maju dalam kontestasi Pilkada Sulteng 2020. […]