Jembatan Gantung Luokmanipi, Penghubung Dua Desa Beda Kecamatan Yang Terancam Putus

Jembatan Gantung penghubung Luokmanipi dan Ogolali terancam putus akibat gerusan air banjir

Kliknusantara.com | LUOKMANIPI – Akibat hantaman banjir yang berulang-ulang, Jembatan Gantung yang menghubungkan antara Desa Luokmanipi Kecamatan Dondo dan Desa Ogolali Kecamatan Dampal Utara terancam putus.

Kedua desa bertetangga beda Kecamatan itu dipisahkan oleh alur sungai Luokmanipi yang lebar dan dikenal berarus kencang. Warga kedua desa dapat berinteraksi dengan baik sejak adanya fasilitas jembatan gantung itu.

Kondisi jembatan gantung saat ini sangat mengkhawatirkan. Koporan tiang atau penyanggah utama jembatan tinggal berjarak satu meter dari bibir sungai. Tanah di sekitar koporan tiang jembatan terjadi pengikisan oleh air banjir.

Menurut Hasan, Kepala Dusun 1 Luokmanipi kepada tim Liputan Desa Membangun pada Selasa (20/10/2020), di Kantor Desa Luokmanipi, sebagai satu satunya akses penghubung ke Desa Ogolali, pihaknya sangat berharap segera ada penanganan.

“Setiap harinya jembatan ini banyak dilalui oleh warga Luokmanipi yang miliki lahan kebun di Ogolali begitu juga sebaliknya,” ungkap Hasan.

Warga Ogolali sebagian besar memiliki lahan kebun di Luokmanipi, sebaliknya, warga Luokmanipi juga banyak memiliki pahan di Ogolali.

Akses jembatan gantung itu adalah jalur yang terdekat. Jalur lainnya mengharuskan berpitar cukup jauh melalui Desa Pangkung dan Desa Stadong.

“Jika jembatan ini runtuh perekonomian di dua desa ini bisa lumpuh” Kata hasan

“Satu kali lagi datang banjir tanah di sekitar koporan tiang jembatan akan ter kikis jadikan dasar koporan tiang jembatan timbul. Jembatan terancam rubuh,” jelas Hasan

Menyangkut upaya mengatasi pengikisan yang terjadi pada koporan tiang jembatan gantung, pemdes manipi telah berupaya memasang buronjong sepanjang 20 m.

Hanya saja, upaya ini terkendala dengan minimnya anggaran yang tersedia di penghujung tahun ini. Padahal kondisinya mengharuskan ada penanganan secepatnya. Apalagi saat ini intensitas hujan turun lebih sering,

Pemdes Luokmanipi berharap adanya perhatian dari pemerintah Kabupaten Tolitoli terkait kondisi jembatan gantung saat ini…… (Abi).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Penyaluran Dana BST Tahap Ke-7, Babinsa Penajam Ingatkan 3 M

Fri Oct 23 , 2020
Kliknusantara.com | PENAJAM – Dalam mengatasi permasalahan selama masa pandemi Covid-19, termasuk dampak sosial Covid-19, dilakukan percepatan penanganannya. Berbagai bantuan dilakukan percepatan pendistribusian kepada masyarakat kurang mampu. Hal ini juga dilakukan di Kelurahan Tanjung tengah Kecamatan Penajam Kabupaten Penajam Paser Utara , Babinsa Heri yang melakukan pengawalan terhadap pendistribusian Bantuan […]